Server, Mainframe, dan Superkomputer


Server mengendalikan akses hardware, software, dan lainnya pada jaringan. Menyediakan area penyimpanan yang terpusat, yang menghubungkan dua hingga ribuan komputer di waktu yang sama.

MD 90110 Home Server milik Mocrosoft


Mainframe berukuran besar, lebih tinggi dan lebar dari manusia normal, namun kemampuannya sangat handal dalam menangani ratusan hingga ribuan pengguna yang terhubung secara bersamaan. Kebanyakan perusahaan besar menggunakannya, karena berguna untuk memproses hal-hal massal.
Mainframe


Superkomputer adalah komputer yang paling kuat, cepat, dan mahal. Digunakan untuk melakukan perhitungan matematis yang kompleks, misalnya perbankan online. Perngakatnya membutuhkan ruangan yang luas untuk menampung superkomputer.

Supercomputer IBM p690 atau Jump (Jülich Multi Processor)

Isi Menara PC


Di dalam menara pc terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Apa saja isinya?


1. Harddisk

Gambar disamping disebut dengan Harddisk drive (HDD). Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan.


2. Floppy Disk Drive

Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.


3. CD-ROM drive

Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis atau menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis).
Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.


4. Prosesor

Nah, inilah Brain (otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin.


5. Memori

Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jika komputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.


6. Kartu Grafis (VGA Card)

Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya.



7. Kartu Suara (Soundcard)

Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan soundcard yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke soundcard.


8. Motherboard

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Akses Internet


Di sekolah-sekolah jaman sekarang, mungkin sudah banyak yang menggunakan fasilitas internet. Saat kita menyalakan komputer dan menjalankan browser, kita langsung dapat mengakses bermacam-macam informasi di dunia cyber. Bagaimanakah komputer terhubung dengan internet?

Saat akan melakukan koneksi ke internet, kita memiliki dua pilihan. Apakah kita akan memakai teknologi kecepatan tinggi, atau cukup dengan kecepatan rendah? Seberapa besar kebutuhan kita akan internet?

Ada sebuah akses yang dikenal dengan akses dial-up (dial-up access) yang menggunakan jalur telepon standar untuk terhubung ke internet. Teknologi ini merupakan teknologi internet berkecepatan rendah. Bagi beberapa orang, ekses ini sangat menjemukan dan membuat frustasi karena terlalu lambat. Oleh karena itu, disediakan sambungan berkecepatan tinggi.

Internet dengan kecepatan tinggi menggunakan Digital Subscriber Line (DSL), sinyal radio, TV kabel, atau satelit. Dial-up dan DSL sama-sama menggunakan jalur telepon standar, tapi memiliki kecepatan yang berbeda.

Untuk terhubung ke internet via sinyal radio, orang menggunakan Fixed Wireless yang berupa antena nirkabel. Modem Cable (cable modem) digunakan untuk mengakses internet lewat jaringan televisi kabel. Dan untuk sambungan lewat satelit, kita memakai Modem Satelit (satellite modem).

Perbedaan antara dial-up dengan sambungan berkecepatan tinggi adalah---selain kecepatannya---lamanya terhubung ke internet. DSL dan lainnya selalu dalam keadaan terhubung ke internet. Sedangkan dial-up harus melakukan setting secara manual setiap kali ingin mengakses internet.

Perangkat Bergerak


Disebut pernagkat bergerak kerena ukurannya kecil dan muat di saku, dapat dibawa kemanapun dan praktis. Tiga jenis yang populer adalah komputer genggam, PDA, dan smart phone.

Komputer Genggam (Handheld Computer) kadang disebut juga sebagai ultra personal computer (uPC) atau komputer handtop. Ukurannya yang kecil seukuran genggaman tangan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pekerja yang terus-menerus bergerak, seperti pengantar paket.

Handheld - Tiqit


PDA (Personal Digital Assistant)Fungsinya sebagai personal organizer sangat bermanfaat, misalnya kalender, agenda, kalkulator, buku almaat, dan lainnya. Umumnya dilengkapi dengan software tertentu, dan tersambung ke internet. Beberapa menyediakan fasilitas menelepon dan mengambil gambar lewat kamera. Alat inputnya dalah stylus, pena kecil yang bekerja dengan menekan.


PDA - Dell


Smart Phone menyediakan fungsi Internet-enabled (koneksi internet) dan fungsi PDA. Karena aplikasinya cenderung sama, akan semakin sulit dalam membedakan kedua alat itu. Ada juga yang menggolongkannya ke dalam komputer genggam, namun hal ini bukanlah masalah.

Smart Phone - Mio A701

Download Youtube via Keepvid



Banyak orang ingin men-download video dari internet, salah satunya dari Youtube.com yang banyak digemari. Bagi Anda yang belum pernah tahu cara mendownload dari Youtube, mungkin langkah-langkah ini dapat membantu. :)

  1. Buka website penyedia video http://www.youtube.com
  2. Melakukan pencarian pada video yang akan download/ diinginkan. Misalnya video “Gunslinger Girl”
  3. Setelah hasil pencarian terpampang, klik salah satu judul video. Misalnya video nomor 2: “Gunslinger Girl Opening: The Light Before We Land” yang berdurasi 01.51
  4. Copy url dari video yang dimaksud. Dalam kasus ini alamat url-nya http://www.youtube.com/watch?v=xEMjq9VpBSE
  5. Buka http://www.keepvid.com yang berfungsi untuk mendownload
  6. Paste alamat url dari youtube. Dalam contoh ini alamatnya adalah http://www.youtube.com/watch?v=xEMjq9VpBSE
  7. Pada menu drop-down di sebelah kanan, tentukan asal file. Pilih ”Youtube” karena file video berasal dari sana
  8. Klik DOWNLOAD
  9. Setelah proses selesai, akan muncul frame baru yang memiliki hyperlink bertuliskan ”>> Download Link <<” tepat di bawah form utama. Klik hyperlink tersebut untuk mendownload file video ke komputer
  10. Akan muncul window yang menanyakan apakah file yang akan didownload akan ditampilkan saja atau disimpan dalam disk. File ini bernama ”get_video” Jika ingin menampilkan, pilih radio button “Open with” dan tentukan program untuk membuka file video. Jika ingin menyimpannya, pilih radio button “Save to Disk”.
  11. Klik OK
  12. Setelah proses download kedua selesai, temukan file video dalam hardisk. Ganti namanya dari ”get_video” menjadi ”get_video.flv” (hanya ditambahkan ekstensi .flv. Program yang dapat membuka file tersebut misalnya FLV Player (dapat di-download secara cuma-cuma di http://applian.com/flvplayer/ ) atau menggunakan Media Player Classic.
Mudah, eh?

Komputer Pribadi


Komputer pribadi juga disebut sebagai personal computer (PC), adalah komputer yang mampu mengerjakan proses input, output, dan penyimpanan oleh dirinya sendiri. Jenis yang populer adalah PC dan Apple, yang menggunakan sistem operasi (operating system, OS) yang berbeda. PC dan komputer PC-kompatibel biasanya mamakai OS Windows, dan Apple memakai Macintosh (Mac OS).

PC dapat berupa komputer dekstop atau notebook. Komputer Dekstop (Dekstop Computer) dirancang untuk muat di meja. Biasanya digunakan oleh pengguna rumahan.
Komputer dekstop dan laptop

Sedangkan komputer notebook---disebut juga laptop---adalah komputer pribadi yang dapat dibawa kemanapun karena sesuai dengan pangkuan. Harganya lebh mahal daripada komputer dekstop yang memiliki spesifikasi yang sama.

Keyboard pada notebook terhubung dengan monitor melaui engsel. Dapat bekerja dengan menggunakan baterai atau power supply. Beratnya yang relatif ringan (1 hingga 4 kg) adalah salah satu kelebihan notebook, sangat bermanfaat bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Notebook memiliki jenis yang khusus, yang diberi nama Tablet PC. Bentuknya seperti papan kecil, yang dapat digunakan untuk menulis atau menggambar dengan menggunakan pena digital. Dapat juga dihubungkan dengan keyboard. Ukurannya lebih kecil dari laptop, dan tidak dapat dilipat.


Tablet PC

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09