Googling dengan Logika Matematika


Anda pasti pernah memanfaatkan search engine yang bertebaran dalam web. Keberadaan situs-situs semacam ini memang sangat berguna karena sekarang ini semakin banyak informasi yang bermunculan dalam dunia maya setiap harinya. Jika kita mencarinya secara manual, maka hal ini sangat menyulitkan karena kita mungkin tidak tahu situs apa yang harus dikunjungi, atau ada berapa situs lain yang membahas masalah yang kita butuhkan.

Namun masalah lain dengan penggunaan search engine pun muncul. Seringkali kita tidak tahu kata kunci apa yang harus kita ketikkan. Keterbatasan pengetahuan kita pun menjadi kendala dalam mencari informasi. Biasanya hasil-hasil yang muncul di akhir pencarian pun tidak ada yang benar-benar cocok dengan maksud kita.

Sebenarnya permasalahan ini sudah terpecahkan berkat sebuah konsep logika matematika yang kita pelajari di sekolah menengah. Logika ini juuga dikenal dengan nama logika Boolean (diambil dari nama seorang ahli matematika dari Inggris yang bernama George Boole), atau kadang "aljabar Boolean".

Untuk memahami logika ini hanya dibutuhkan pemahaman operator-operator AND, OR, AND NOT, NEAR, "tanda kutip", dan (tanda kurung). Nggak sulit kok :)

Operator AND
AND dapat kita gunakan jika ingin menemukan informasi yang memuat dua buah kata atau lebih. Misalnya kita ingin mencari info tentang peristiwa Holocaust yang dilakukan oleh Hitler. Maka yang harus diketikkan adalah Hitler AND Holocaust.

Apakah efeknya? Mudah saja. Jika kita hanya mengetikkan kata Holocaust, maka hasil pencarian bisa melebar dan jauh dari yang diharapkan. Dengan memberi tambahan kata AND dan Hitler, maka hasil pencarian bisa dipersempit. Mesin pencari HANYA akan menyajikan hasil yang memuat dua kata tersebut tanpa terkecuali.

Operator AND ini dapat juga diwakilkan dengan tanda tambah (+), jadi kita hanya perlu mengetik Hitler + Holocaust.

Operator OR
Biasanya operator ini digunakan pada saat kita bingung dengan ejaan yang mungkin digunakan dalam web. Misalnya: email atau e-mail? Maka operator yang bsa digunakan adalah operator OR, dengan mengetikkan email OR e-mail.

Hasil pencarian mengandung dua kata tersebut, jadi jumlahnya akan meluas. Namun siapa tahu informasi yang kita cari ada di sana?

Operator AND NOT
Jika kita ingin mencari informasi tertentu dan tidak ingin dipusingkan dengan hasil-hasil yang nyeleneh, kita dapat memanfaatkannya. Misalnya saat kita ingin mengetahui informasi mengenai Hitler, namun kita tidak menginginkan informasi yang menyangkut masalah Holocaust. Maka yang kita ketikkan adalah Hitler AND NOT Holocaust.

Maka dengan mengetikkannya, hasil pencarian akan terbebas dari kata Holocaust, dan hanya berbicara tentang Hitler.

Operator AND NOT dapat diganti dengan BUT NOT, atau hanya cukup dengan menuliskan tanda kurang (-). Misal, Hitler - Holocaust. Jadi berhati-hatilah dalam penggunaan tanda kurang karena akan mempenaruhi hasil pencarian.

Operator NEAR
Seperti artinya, yaitu "dekat", operator ini berfungsi untuk menemukan kata yang saling berdekatan. Misalnya jika kita ingin mencari informasi mengenai Sukarno dan Hatta, namun keduanya harus berada dalam satu kalimat. Gunakanlah operator ini dengan mengetik Sukarno NEAR Hatta.

Yang terpampang di hasil pencarian hanyalah yang mengandung kata Sukarno dan Hatta yang saling berdekatan dalam kalimat.

Tanda Kutip ("....")
Tanda kutip sangat berguna dalam aktvitas googling karena ia mampu menggabungkan frase untuk dicari dan ditampilkan dalam hasil pencarian. Kita sering membutuhkan informasi tetentu yang kata kuncinya lebih dari satu kata, atau berupa frase. Misalnya frase rumah sakit.

Jika kita hanya mengetikkan rumah sakit tanpa embel-embel, maka hasil yang didapat bisa melebar tentang rumah biasa atau orang-orang yang sakit. Padahal kita ingin mencari tentang rumah sakit, atau instansi kesehatan.

Seharusnya kita mengetikkan "rumah sakit" (dengan tanda kutip) agar hasil pencarian hanya difokuskan untuk frase tersebut, tanpa terpisah-pisah.

Tanda kutip ini juga dapat digunakan lebih jauh jika kita kreatif. Misalkan kita ingin mencari definisi dari kata blog. Maka kita dapat menuliskan "blog adalah" supaya hasil yang didapat benar-benar bercerita tentang arti dari kata tersebut. :)

Tanda Kurung (....)
Tanda kurung berguna pada saat kita akan menggabungkan dua operator atau lebih dalam satu keyword. Bagi yang memahami logika matematika, hal ini adalah hal yang mudah. Namun bagi yang belum pernah mengenalnya, hal ini juga akan terasa sama mudahnya. :D

Misalkan kita ingin mencaritahu tentang proklamasi dan Bapak Sukarno. Sekarang masalah lain muncul: ejaannya Sukarno atau Soekarno?

Kita dapat menggabungkannya dengan mengetikkan (Sukarno OR Soekarno) AND proklamasi. Hasilnya? Baik kata Sukarno maupun Soekarno akan muncul di hasil pencarian, dan dua-duanya dilengkapi dengan kata proklamasi. Mudah kan?

Tentu saja semakin tinggi kreatifitas kita, maka googling dengan logika matematika akan semakin mudah dan mengasyikkan!

P.S. operator-operator AND, OR, AND NOT, dan NEAR harus ditulis dengan HURUF KAPITAL. Jika tidak, maka search engine akan mengenalinya sebagai kata biasa yang perlu dicari. Search engine yang berbeda memiliki operator yang berbeda pula.

Format Cells -> Custom pada Excel


Jika Anda sering bekerja dengan Ms. Excel, Anda pasti sudang sering memformat sel menjadi bermacam-macam jenis. Misalnya memformat sel menjadi sel "Currency" yang menambahkan $ atau Rp sebelum angka yang diketikkan, atau mengubahnya menjadi format "Date" yang mengubah isi sel menjadi format penulisan tanggal (dd-mm-yyyy, misalnya).


Format-format tersebut dapat kita temukan di Menu Format -> Cells, pada tab "Number". Ada 12 macam yang ada di sana, General, Number, Currency, Accounting, Date, Time, Percentage, Fraction, Scientific, Text, Special, dan... Custom.

Format Custon inilah yang paling unik, karena isinya merupakan alternatif-alternatif lain yang tidak dapat kita temukan pada 11 format lainnya. Misalnya pada Type "Custom" tersebut, kita dapat menjumpai hal-hal nyeleneh yang berisi tanda pagar (#), tanda dolar ($), tanda tanya (?)... dan lainnya (lihat gambar).


Tampilan Format Cells -> Custom

Nah kira-kira apa maksudnya ya? Mari kita lihat!

# Angka
?.? Angka desimal dengan desimal yang diratakan
?/? Pecahan dengan simbol pembagi yang diratakan
$ Tanda dolar yang ditambahkan pada angka
h: Jam
mm: Menit
ss Detik
d Hari
m Bulan
y Tahun
@ Teks setelah angka (misalnya "units"@)

Hmm, gunanya untuk apa ya? Hihi, tambah bingung aja.

Eits, tenang. Mari kita coba satu contoh. Misalkan Anda ingin mengkombinasikan tampilan tanggal dengan waktu, maka Anda hanya perlu mencari format dengan type d/m/yyyy h:mm:ss pada Format Cells. Atau jika ingin berkesperimen sendiri, silakan mengorek-orek/ mencoba-coba format lucu ini!

Selamat mencoba!

Cara Kerja Mesin Pencari (2)


Dalam artikel sebelumnya kita telah mengetahui dasar pencarian pada search engine, yaitu tentang adanya database. Nah sekarang, bagaimana si mesin pencari ini mengumpulkan bahan-bahan untuk disimpan dalam database-nya?

Wah, sebelumnya mari kita tengok beberapa istilah dalam mekanisme search engine. (oo)

Spider
Spider dapat dianalogikan dengan browser, yang tugasnya mendownload halaman-halaman yang mereka temukan. Tujuannya adalah untuk mengisi database. Itulah sebabnya mengapa spider juga dijalankan oleh mesin secara otomatis. Biasanya, halaman web yang paling populer merupakan titik awal penjelajahan spider dalam melakukan aksinya.

Crawler
Jika hasil download spider ditemukan link-link yang menuju situs lain, inilah tugas crawler untuk menemukan alamat-alamat tersebut. Jika alamat itu terbukti ada, maka spider akan segera ditugaskan mengunjungi situs tersebut untuk dimasukkan dalam database. Begitu seterusnya hingga berjuta-juta web telah dikunjungi oleh spider dan crawler. Aksi gabungan crawler dengan spider sering disebut dengan istilah web crawling.

Indexer
Tugasnya adalah untuk meneliti hasil download spider dengan cara menguraikan bagian-bagian dari situs. Misalnya teks, header, tag HTML, gaya penulisan, dan lain-lain. Hal ini dumaksudkan untuk mendata hasil temuan spider dengan sistem yang terpadu, agar temuan itu dapat dipanggil secepat dan seefisien mungkin. Metode tiap-tiap search engine berbeda-beda dalam melakukan indexing, tetapi salah satu yang paling efektif adalah metode hash table.

Database
Seperti yang telah kita ketahui bersama, database adalah tempat penyimpanan semua data search engine. :)

Result Engine
Mesin ini berperan dalam menentukan urutan hasil pencarian. Jika kamu ingin mencari informasi tentang "Oksigen" misalnya, maka hasil pencarian yang muncul adalah hasil yang sudah memiliki nomor urut tersendiri. Hasil nomor#1 lebih diprioritaskan daripada hasil yang ke-100. Begitu juga hasil pada halaman pertama lebih bagus daripada halaman ke-5, dan seterusnya.

Tentu saja proses pengurutan ini tidak terjadi begitu saja, ada kriteria yang harus dipenuhi oleh situs agar mendapat "rangking" yang tinggi. Search engine menganaliasanya dengan menggunakan algoritma perangkingan yang dimilikinya.

Web Server
Inilah komputer yang melayani permintaan searching kita, dan kemudian merespon balik. Inilah yang kita lihat saat sedang membuka mesin pencari. Ada kolom keyword, ada hasil pencarian, semuanya ditampilkan dalam web server ini.

Tenyata proses pencarian itu gampang-gampang susah ya? @_@

Cara Kerja Mesin Pencari


Kita pasti sudah pernah melakukan seraching di mesin pencari. Sebut saja Google, Yahoo!Search, MSN, dan sebagainya, dan sebagainya. Tinggal ketikkan kata kunci, dan hasil-hasil pencarian akan muncul dalam hitungan detik. Mudah, sekaligus sulit kan? Bagaimanapun, hasil pencarian yang terpampang di layar monitor adalah halaman yang terpilih dari 50 milyar lebih webpage di world wide web.

Lalu, bagaimanakah cara kerja mesin pencari sehingga dapat menampilkan data dengan semudah dan secepat itu? o_O

Pada web, banyak sekali halaman yang disimpan dari beragam server dari seluruh dunia. Apakah search engine melakukan pencarian secara langsung dengan mengunjungi tiap halaman satu-persatu? Yap Anda benar, tidak mungkin melakukan searching di WWW secara langsung. Apalagi karena dalam dunia maya, tidak ada yang namanya katalog yang menampung semua website.

Yang paling mungkin dilakukan adalah dengan melakukan pencarian pada database yang dimiliki oleh search engine. Disanalah pusat semua data tentang bermacam-macam url situs dan kontennya, sehingga proses pencarian akan lebih mudah. Hasilnya adalah berupa hypertext link plus alamat url-nya, yang jika diklik maka kita akan masuk ke server tempat situs berasal.

Semakin besar kapasitas database suatu search engine, maka hasil yang cocok dengan keyword akan semakin banyak. Google sangat digemari karena databasenya yang sangat besar sehingga informasi yang ada di dalamnya tidak tanggung-tanggung. Hasil pencarian juga jarang sekali yang mengecewakan pengguna.

Jadi pada saat kita sedang mengoperasikan mesin pencari, sebenarnya kita tidak melakukan pencarian secara langsung ke dunia internet. Tapi kita hanya melakukan pencarian dalam database search engine yang bersangkutan, dan kemudian baru menuju ke alamat url situs setelah kita menge-klik hypertext link dari informasi yang kita butuhkan.

Terdengar masuk akal, kan? :)

Spyware (3)


Spyware dapat menggerogoti sistem operasi mana saja, Windows, Macintosh, bahkan Linux. Namun, kasus spyware pada Windows jauh lebih menyusahkan. Apalagi tentang isu kerentanan web browser keluaran Microsoft: Internet Exprorer (IE) terhadap spyware semakin menambah keruwetan masalah keamanan pada Windows.

Perbedaan spyware dengan virus adalah: spyware tidak berkembang biak. Namun tidak dapat disangkal bahwa kesuanya memang punya niat jahat pada pengguna. Spyware maupun virus saling membuka kesempatan pada satu sama lain untuk menyusup ke komputer yang sama.

Yang ironis, kadangkala ada pembuat piranti lunak yang sengaja menyisipkan spyware dalam intalation-pack nya. Mereka berkelit dibalik penggunaan End User License Agreement (EULA). Mereka menyatakan bahwa keberadaan program jahat itu telah diberitahukan pada pengguna lewat dokumen yang superpanjang dan berbelit-belit itu. Banyak pihak menuduh bahwa mereka tidak ada niatan untuk memberitahukan karena bahasa yang digunakan terlalu rumit untuk dipahami orang awam. Misalnya skandal perusahaan Sony yang dikenal dengan Sony Rootkit.

Cara-cara yang dapat kita lakukan untuk melindungi komputer dari spyware adalah dengan:

1. Mengganti browser dengan Mozilla Firefox.
Bagi yang masih menggunakan IE, perlu diingat bahwa penyebab kerentanan IE terhadap spyware adalah bukan karena IE adalah browser yang rendah kualitasnya, namun karena IE adalah browser terbanyak yang dipakai oleh pengguna internet di seluruh dunia. Jadi, IE lebih memancing pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membobol sistem pertahanan IE.

2. Membentengi komputer dengan program anti-spyware
Contoh softwarenya: Ad-Aware SE Personal Edition atau Spyware Doctor. Instalasi keduanya dapat dilakukan secara cuma-cuma di situs download.com. Lakukan scanning secara rutin, dan update versi terbaru.

3. Update Windows secara berkala
Ini berguna untuk menambal celah keamanan yang biasanya dimanfaatkan oleh program-program jahat seperti virus dan spyware.

4. Waspada di dunia maya
Hindari situs-situs porno, mereka sering menyebarkan spyware. Berhati-hati dengan file lampiran/ attachment pada email. Jangan mudah tertarik dengan iklan download gratis.

5. Hati-hati dalam instalasi software
Jika sempat, silakan lihat-lihat End User License Agreement yang biasanya disodorkan sebelum kita menginstal program. Produsen licik terkadang menyembunyikan spyware dan menuliskannya dalam EULA mereka. Software bajakan pun perlu diwaspadai, karena mereka terkadang membutuhkan file tambahan yang dikenal dengan nama crack. Crack ini biasanya harus didownload dari situs tertentu yang disusupi oleh spyware.

6. Ingat: kejahatan dapat dicegah
™ hehehhe

Untuk melihat postingan lalu tentang spyware klik di sini (1) dan di sini (2)

Spyware (2)


Hal-hal yang dapat dilakukan oleh spyware:

1. Autostarts/ Stays Resident
Ya, Spyware menetap pada memori dan susah dihilangkan. Ia hidup pada saat komputer dinyalakan. Akibatnya, memori bisa bekurang.

2. Stealth Tactics
Spyware memang berusaha agar tida diketahui oleh pengguna. Lihat saja, instalasinya pun terselubung. Hal inilah yang menyebabkan sulitnya proses uninstall pada spyware.

3. Opens Ports
Spyware dapat membuka port komputer dan menggunakannya untuk memasukkan spyware lain, virus, atau melakukan koneksi pengiriman data ke pihak ketiga.

4. Logs Keystroke
Aktifitas yang biasanya dilakukan para keylogger, juga dilakukan oleh spyware. Yaitu merekam tiap huruf yang diketik oleh korban. Kecurian password atau nomor kartu kredit dapat bermula dari kegiatan ini.

5. Captures Screenshots
Fungsi ini memungkinkan spyware menangkap gambar layar dan mengirimkannya ke pihak lain. Selain melanggar privasi, hal ni juga dapat digunakan sebagai penentu perilaku korban.

6. Sends Mail
Hal ini berarti spyware dapat mengirimkan data lewat email atau cara lain di internet.

7. Connects to the Internet
Koneksi dial-up atau yang lain bisa saja dilakukan oleh spyware.

8. Allows Remote Control
Ia dapat membuka sebagian fungsi aplikasi dari jarak jauh. Jadi komputer kita seperti robot yang dapat dikontrol oleh spyware.

9. Shows Advertisements
Belum cukup, spyware juga dapat menampilkan iklan, membajak iklan, mambanjiri kita dengan iklan...

10. Changes Browser
Web browser kita dapat juga diutak-atik oleh spyware. Misalnya situs tujuan kita dialihkan ke situs yang nggak jelas.

Untuk melihat postingan lalu tentang Spyware, klik di sini.

Spyware


Seperti namanya, Spyware dapat diartikan sebagai "program mata-mata" yang berarti dapat menyusup ke komputer Anda dan melakukan aksi yang melanggar privasi. Program ini membawa semacam niat jahat untuk mengambil alih komputer tanpa seizin yang punya. Tujuan dari pembuatan program ini bisa beragam, namun yang paling umum adalah untuk memanfaatkan privasi orang lain demi tujuan komersial/ menguntungkan pihak tertentu.

Spyware bekerja dengan mengumpulkan data-data tentang apa yang sedang dilakukan oleh pengguna suatu komputer. Data tersebut kemudian dikirimkan pada orang-orang yang tidak bertanggung jawab, lewat internet. Berdasarkan data yang diambil, spyware dapat digolongkan menjadi 3:

1. Grayware
Gray atau abu-abu menggambarkan ketidakjelasan program ini dengan sikapnya. Di satu sisi ia tidak berbahaya, namun keberadaannya tidak kita sukai. Misalnya, ia tetap saja memata-matai kita, namun tidak menggunakannya untuk tujuan komersial. Nama lainnya adalah potentially unwanted programs atau "program yang bisa jadi tidak diinginkan".

2. Adware
Dalam dunia periklanan, adware dikenal sebagai program yang menampilkan iklan, baik dengan maupun tanpa izin. Jenis adware dalam dunia iklan disebut sebagai advertising-supported software atau program yang didukung iklan.

Namun dalam dunia spyware, adware memiliki fungsi mata-mata dibalik penampilan iklannya. Jadi ketika kita mengeklik iklan yang ditawarkan adware, maka perusahaan tertentu akan memperoleh keuntungan.

3. Badware
Ini adalah spyware yang paling berbahaya, dan ditujukan untuk mengeksploitasi komputer pengguna. Oleh karen itu badware sering disebut sebagai spyware with malicious intent---spyware dengan niat jahat. Program ini seringkali mencatat data-data seperti password dan username, nomor kartu kredit, dan mengirimkannya ke pihak lain.

Yang menyebalkan, kadang ada program yang mengaku bahwa mereka dapat membasmi spyware, padahal mereka sendiri mengandung spyware dalam pack instalasinya. Program penipu ini dinamakan rogue ant-spyware atau fake anti-spyware.

Web 2.0



Kebanyakan dari kita mungkin bertanya-tanya, "Apa pula web 2.0 ini? Apa bedanya dengan web yang biasanya?" Yang dapat kita katakan hanyalah bahwa web 2.0 merupakan perkembangan dari teknologi web saat ini, yang mencakup perkembangan/ perubahan cara bepikir dalam menyajikan konten dan tampilan dalam website.


Masih belum ada definisi yang jelas untuk web versi baru ini. Ada pihak yang mengatakan bahwa web 2.0 lebih menekankan ke hubungan jaringan sosial (social network) seperti halnya Blog, namun ada pihak lain (O'Reilly dan MediaLive International) menyatakan bahwa web 2.0 adalah platform bagi aplikasi, jadi kita tidak perlu menginstal sebuah aplikasi pada komputer. Cukup mengakses halaman tertentu, maka kita akan dapat menjalankan suatu program dalam naungan web 2.0.

Perbedaan web 1.0 dan web 2.0 terletak dalam fleksibilitasnya. Pada web 1.0, kita diharuskan untuk mengunjungi sutu situs jika ingin melihat konten yang ada di dalamnya. Sedangkan web 2.0 dapat melakukannya tanpa harus mengakses situs tersebut. Ditambah lagi kemampuan web 2.0 dalam tampilannya yang menyerupai komputer dekstop, yang menambah kenyamanaan bagi pengguna.

Ada 7 karakteristik yang dimiliki web 2.0:
  1. Sebagai platform untuk bekerja dimanapun kita berada
  2. Adanya partisipasi dari pengguna untuk berbagi pengetahuannya
  3. Data menjadi Trademark milik aplikasi
  4. Sebagai peluncuran produk software (tidak perlu mendistribusikan software dalam bentuk fisik, cukup melalui web 2.0)
  5. Dukungan pada pemrograman sederhana, dan ide akan RSS
  6. Software tidak lagi terbatas pada perangkat tertentu (ponsel, notebook, PDA, dll)
  7. Adanya kemajuan inovasi pada interface di sisi pengguna

Semakin banyak karakteristik yang dipenuhi oleh suatu situs, maka semakin ia mendekati kualitas sebagai web versi baru ini.

Tidak perlu meng-upgrade browser jika ingin mengakses halaman dari web 2.0, karena yang dikembangkan hanyalah cara penyajian konten saja. Pakar internet mengenalnya dalam AJAX (Asynchorous Javascript and XML), yaitu gabungan dari HTML, CSS, Javascript, dan XML; sehingga tercipta web yang dinamis.

Para situs yang telah mengembangkan aplikasi di dalam web ini antara lain: Google, Zoho.com, dan Ajaz13. Fungsi-fungsinya hampir sama dengan Ms. Word, Excel, dan PowerPoint. Misalnya Google menyediakan Google Docs dan SpreadSheet yang identik dengan Word dan Excel. Yang menarik adalah, kita dapat menyimpan file-nya dengan format berbagai macam dokumen, termasuk format PDF tanpa ada software tambahan.

Hebatnya lagi, fasilitas ini disediakan secara gratis. Kita hanya perlu memiliki satu akun e-mail Google.

Zoho.com juga begitu, mereka menyediakan Zoho Writer dan Zoho Sheet, plus Zoho Show (mirip PowerPoint) dan Zoho Virtual Office memungkinkan kita bekerja seperti di komputer sendiri. Dilengkapi dengan aplikasi sejenis Windows Explorer dan Ms Outlook, semuanya dapat kita akses di manapun kita berada melalui www.zoho.com.

Sedangkan Ajax13 menampilkan aplikasi ajaxWrite, ajaxXls, ajaxPresents, ditambah ajazSketch (membuat sketsa) dan ajaxTunes (untuk musik).

Mengupdate Grafik Ms. Word lewat Ms. Excel


Kebingungan membuat grafik ketika bekerja di Ms. Word? Pasti tidak, Ms. Excel dapat melakukannya untuk Anda. Cara-caranya yang mudah dan cepat akan membuat pekerjaan Anda lebih ringan. Anda tinggal membuat grafiknya di Ms. Excel, lalu menyalin hasilnya pada Ms. Word. Hal yang serupa juga berlaku untuk Ms. Power Point, jika Anda mau :D


Tapi tahukah Anda bahwa Anda DAPAT mengubah/ mengupdate grafik Ms. Word Anda lewat Ms. Excel? Jadi ketika Anda mengubah data grafik pada file sumbernya (yaitu file Ms. Excel) maka grafik pada Ms. Word atau PowerPoint Anda jika ikut ter-update secara otomatis!

Grafik pada Ms. Word secara otomatis akan ter-update ;)

Tidak percaya?

Pada prinsipnya, perubahan HANYA dapat dilakukan jika ada hubungan target (dokumen Word tempat Anda menempelkan grafik) dan sumber (worksheet Excel te
mpat asal grafik). Jadi jangan salahkan komputer Anda jika perubahan yang Anda minta tidak terjadi, padahal Anda belum membuat hubungan target-sumber antara kedua file.

Untuk membuat hubungan/ link semacam itu, ikuti langkah-langkah jitu ini:
  1. Dalam worksheet Excel, pilih grafik yang akan ditempel pada Word
  2. Klik Menu Edit -> Copy atau Shortcut Ctrl+C untuk menyalinnya
  3. Buka dokumen Word, Klik Edit -> PASTE SPECIAL (bukan Paste bukan Paste BUKAN PASTE!)
  4. Pada kotak dialog Paste Special, pastikan Microsoft Excel Chart Object dipilih dalam daftar As, kemudian pilih opsi Paste Link untuk membuat koneksi sumber-target
  5. Klik OK

Sekarang cobalah untuk mengedit data sumber, dan lihat perubahannya pada dokumen Word Anda. :)

P.S. Bagaimanapun, Anda TIDAK BISA mengupdate grafik Excel Anda dengan mengubah file dalam dokumen Word.

Linux


Di saat sebagian besar manusia di seluruh dunia sibuk bekerja dibawah sistem operasi Ms Windows, Linux dengan perlahan tapi pasti mulai merebut hati para pengguna. Variannya pun mulai menyaingin Ms. Windows di pasaran, ada Linux RedHat, Mandrake, Fedora, Debian, dan masih banyak lagi.



Tux - Maskot Linux

Apalagi setelah pemerintah menggembor-gemborkan UU Hak Cipta bersama BSA (Business Software Alliance), Linux makin dilirik karena menawarkan kemudahan untuk menggandakannya karena bersifat Open-Source. Meskipun hak cipta tetap ada dalam pembuatnya yaitu Linus Benedict Torvalds, namun kita tetap bebad untuk mendistribusikannya secara bebas. Lebih bagus lagi kalau mampu mengembangkannya.

Linus Torvalds mempublikasikan OS (Operating System) Linux tersebut pada tahun 1991 di newsgroup comp.os.minix. Orang-orang yang tergabung dalam newsgroup itu pun sangat antusias dan memberikan banyak ide, masukan, maupun perbaikan. Dan sejak saat itu Linux telah menjadi kernel (inti dari suatu sistem operasi) yang banyak disabet oleh beberapa distro yang mendistribusikannya.

Tampilan dari Linux pada umumnya hampir sama dengan Windows. Sejak kemunculan X-Windows sebagai tampilan dekstop, orang-orang mulai merasa familiar karena tampilannya yang mirip dengan OS Windows. Lalu ada lingkungan dekstop bernama xpde (XP Dekstop Environment) yang mirip dengan theme Windows XP.

Kemudahan dalam mengolah data pun tidak perlu dikhawatirkan. Linux menyediakan paket perkantoran yang bernama OpenOffice. OpenOffice dibuat oleh pesaing Microsoft: Sun Microsystem. Program ini berbasiskan open-source, dan DAPAT membuka file dari Ms. Office. Program-programnya pun hampir mirip dengan keluaran Microsoft. Misalnya pengolah kata (OpenOffice Writer), pengolah angka/ spredsheet (OpenOffice Calc), dan presentasi (OpenOffice Impress).

Anda dapat memodifikasi file Ms. Word Anda melalui OpenOffice Writer, begitu pula untuk program yang sejenis. Begitu pula tampilannya dibuat se-familiar mungkin. Dengan demikian kita dapat lebih mudah dalam mengolah data tanpa perlu banyak biaya dan ketakutan akan razia software. :)

Software lain yang mirip: The Gimp (mengolah foto seperti Adobe Photoshop), MoonLight dan Blender (pengolah 3-D seperti AutoCad dan 3Ds Max, XMMS (prgram audio seperti WinAmp). Software-software lainnya masih banyak, dan ada juga yang masih dalam tahap pengembangan.

Program lainnya dapat didownload lewat: http://linux.tucows.com, http://sourceforge.net, http://sf.net, http://freshmeat.net, dan http://www.gnu.org/software.

CodeWeavers sangat memahami pengguna komputer yang setia terhadap Windows, jadi mereka menciptakan program bernama Wine. Wine adalah program emulator yang membuat seolah-olah kita sedang bekerja di lingkungan Windows. Jadi, kita dapat menjalankan program berbasis Windows melalui Linux (meskipun tidak semuanya berhasil). Salah satu contoh program yang sukses dijalankan dengan WIne adalah Macromedia Flash.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Linux:
  1. Relatif stabil atau jarang hang
  2. Jika komputer Anda memiliki multi-user (banyak pengguna) maka pengguna satu tidak akan bisa mengakses dokumen pengguna lainnya tanpa ijin
  3. Terkenal sangat aman dari virus. Bandingkan dengan Windows yang rentan terkena virus.
  4. Jaringan didesain seaman mungkin. Ada strategi pengacakan dalam setiap pengiriman dokumen dalam jaringan, sehingga penyadapan data sangat sulit dilakukan
  5. Terdapat versi percobaannya dalam Live-CD. Live-CD memungkinkan Anda untuk mencoba sistem operasi ini dengan cara memasukkannya dalam CD-Rom dan menjadikannya prioritas saat merestart komputer tanpa mengubah isis harddisk Anda.

Seringkali muncul perdebatan: siapakah yang lebih baik, Windows atau Linux. Sebanarnya hal ini tidak penting karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang kita tahu hanyalah, sejauh mana kita membutuhkannya. Hal yang ditawarkan oleh sebuah Sistem Operasi belum tentu ada di sistem operasi yang lain. Jadi, pikirkan prioritas sebelum memilih OS untuk komputer Anda. :)

Mencegah Virus


Tahukah Anda berapa virus yang teripta tiap harinya? Satu, dua, belasan, puluhan? Anda yakin?

Dewasa ini membuat virus ibarat membuat akun e-mail. Tidak perlu memiliki kemampuan seorang programmer, Anda tinggal mencari Virus Generator yang tersebar di jagat web, dan membuat virus ciptaan Anda sendiri. Sedih, memang. Tapi apa daya hampir mustahil untuk mengawasi pembuatan virus di seluruh dunia.

Tapi paling tidak, kita dapat melakukan aksi preventif dengan cara melakukan yang terbaik untuk mencegah virus masuk ke komputer kita. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat disarankan:

1) Jika Anda menjumpai tawaran untuk menginstalasi program pada sebuah iklan dari website yang tidak jelas kredibilitasnya, jangan asal percaya. Pikirlah berkali-kali sebelum menekan tombol "Yes". Bahkan, jangan pernah terpikir untuk melakukanya.

Penyebaran virus melalui situs memang bukan hal baru, tapi pengetahuan ini belum menyebar ke seluruh pengguna web. Banyak orang awam yang baru mengenal internet malah disusupi virus atau spyware karena menyetujui sebuah iklan yang tidak jelas. Terutama yang berasal dari situs porno.

2) Jangan langsung membuka file attachment pada e-mail dari seseorang yang tidak dikenal. Kalaupun Anda mengenalnya, tolong pastikan pada pengirimnya tentang isi dari file tersebut. Penyebaran lewat file attachment ini juga telah memakan korban yang tidak sedikit. Biasakan untuk men-scannya dengan program antivirus yang up-to-date.

3) Seperti yang di atas, gunakan program antivirus untuk pertahanan Anda. Jangan lupa untuk meng-update antivirus Anda karena ratusan virus tercipta setiap harinya. Scan sistem Anda dalam waktu tertentu.

4) Instalasi Service Pack untuk menambal celah keamanan sistem operasi Anda juga disarankan. Virus sering memanfaatkan celah ini untuk membobol sistem Anda. Dan lakukan instalasi dari sumber yang dpaat dipercaya. Kadang ada e-mail pemberitahuan tentang bug pada komputer, tapi malah menyertakan file bervirus untuk di-download.

5) Jangan lama-lama membuka fasilitas file-sharing, virus menyebar luas lewat sana. Berikan password bila perlu.

6) Backup data penting secara berkala. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Sekali Anda terkena virus, kerusakan yang ditimbulkan bisa membahayakan data Anda.

Akhir kata, keselamatan ada di tangan Anda. :)

Pesan Kesalahan pada Ms. Excel


Pernahkah Anda bermaksud untuk menerapkan rumus-rumus tertentu pada Ms. Excel dan melihat sel mengandung pesan kesalahan? Misalnya "#DIV/0!", "#NAME?", atau "#NUM!"? Mari kita pelajari maksudnya....

##### Maksudnya, isi dari sel terlalu lebar untuk ditampilkan, dan Anda perlu mengedit lebar kolom untuk menampilkan angka tersebut. Misalnya angka 20000000000001 tidak mungkin muat tampil dalam satu sel

#DIV/0! Kesalahan ini muncul jika Anda mencoba membagi suatu angka dengan angka nol (0). Gantilah anka nol tersebut dengan angka lain karena pengoperasian ini tidak dapat terdefinisikan

#N/A Kesalahan ini berarti "tidak ada". Jika sel yang ditunjuk rumus itu tidak ada, maka akan muncul pesan ini. Kesalahan ini bisa terjadi karena sel tujuan sudah terhapus

#NAME? Jika Anda mengetikkan sesuatu yang tidak dikenal Excel sebagai rumus, pesan ini akan muncul. Misalnya dalam pengoperasian =SUM(C1:C10), ANda salah mengetikkannya menjadi =SUM(C1-C10)

#NUM! Jika hasil rumus Anda berupa angka yang terlalu besar atau terlalu kecil maka pesan ini akan muncul pada sel. Angka yang terlalu besar adalah angka yang melebihi nilai 1 x 10^307, dan angka yang terlalu kecil adalah angka yang kurang dari -1 x 10^307

#NULL! Saat Anda menerapkan rumus pada dua buah range yang terpisah, maka pesan ini bisa muncul. Misalnya pada rumus =SUM(C1:C10,E1:E6), ada dua buah range yaitu C1:C10 dan E1:E6 yang tidak saling berhubungan. Jika Anda tidak membubuhkan tanda koma (,) maka Excel akan berusaha mencari perpotongan kedua range tersebut, padahal perpotongan tersebut tidak ada

#REF! Jika Anda secara sengaja ataupun tidak, telah mengganti (drag-drop) sumber rumus dengan angka dari sel yang baru, maka pesan ini akan memperingatkan Anda. Berhati-hatilah dalam memindah sel, pastikan tidak ada rumus yang mengacu pada sel tersebut

#VALUE! Pesan ini muncul jika Anda memasukkan teks atau karakter non-numerik pada sel yang dirujuk oleh rumus. Misalnya Anda menjumlahkan angka 10 dengan teks "lima" maka rumus tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan

Circular Reference Pesan ini memperingatkan Anda jika terjadi sebuah referensi melingkar. Artinya, rumus Anda tidak dapat diformulasikan oleh Excel karena targetnya berputar-putar dalam satu putaran rumus tanpa akhir.

Troubleshooting


Troubleshooting atau pemecahan masalah memiliki maksa khusus dalam dunia perkomputeran, yaitu mengisolasi sumber permasalahan dalam sebuah program, sistem komputer, atau jaringan dan memulihkannya (Microsoft Computer Dictionary).

Seperti definisinya, pada saat kita mengalami masalah dalam mengoperasikan komputer, kita harus melakukan "pengisolasian". Entah itu masalah dalam software atau hardware, atau bahkan brainware. Pertanyaanya, bagaimana cara "mengisolasi" masalah?

Jika Anda berhasil melacak sumber masalah yang ada, paling tidak Anda telah berhasil 50% dalam usaha trobleshooting. Anda bisa langsung menanganinya atau paling tidak tahu siapa yang harus dihubungi. Namun bagaimana jika masalah yang timbul merupakan hal yang asing bagi Anda, dan Anda tidak dapat menebak-nebak masalah macam apa itu?

Cara mudah untuk mengisolasi masalah adalah mulai melacaknya dari hal yang umum terlebih dahulu, mempersempitnya, dan lalu membuatnya lebih spesifik. Misalnya:

1. Kenapa saya tidak bisa membuka dokumen ms. word saya? (umum)
2. Kenapa saya tidak bisa membuka dokumen ms. word saya di komputer lain? (mempersempit)
3. Kenapa saya tidak bisa membuka dokumen ms. word saya di komputer lain yang menggunkan versi ms. word yang lebih rendah? (spesifik)

Belakangan diketahui bahwa pertanyaan-pertanyaan semacam itu membantu Anda untuk melihat masalah secara lebih objektif sambil mempersempit solusinya. Cobalah untuk bersikap jeli setiap kali ada masalah yang muncul: Kapankah hal ini terjadi? Bagian mana yang kurang beres? Dan seterusnya. Semakin Anda berusaha untuk mengetahui keadaan sekitar, maka Anda akan semakin dekat dengan pemecahan masalah.

Menu Help
Tidak diragukan lagi bahwa Menu ini adalah menu wajib yang harus disediakan pada setiap aplikasi. Selain berguna untuk memperkenalkan produk, menu ini juga bermanfaat untuk troubleshooting. Kita bisa mengaksesnya langsung dari aplikasi tertentu, dan mencari akan permasalahannya di sana. Atau jika perlu, kunjung alamat webnya dan jelajahi dunianya lebih dalam.

Aplikasi-aplikasi Microsoft, misalnya, selain dilengkapi dengan menu Help, mereka juga dipersanjati dengan Office Assistant yang berwujud gambar lucu dan menampilkan animasi. Yang paling sering dijumpai adalah Clippit yang berbentuk penjepit kertas (klip) bermata dua yang menari-mari di atas lembaran.

Office Assistants ini cukup mempermudah dalah proses Troubleshooting. Misalnya, ketikkan "Troubleshoot" pada kota dialog "What would U like 2 do?" dan pilihlah keterangan lebih lanjut mengenai masalah Anda. Ini adalah salah satu contoh penggunaan fasilitas Help pada umumnya, dan tentu saja mempelajari bagaimana kita mengenali masalah dengan berusaha mengakrabinya, bukan menjauhinya. :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09