ODF (Open Document Format)


Jika dilihat dari namanya, sebenarnya kita dapat meraba-raba arti dari ODF. Ya, ODF atau Open Document Format adalah format dokumen yang berbasis open source. Format ini menggunakan format file XML yang dapat dipakai di aplikasi manapun, alias file independen. Format yang dipakai antara lain .odt (pengolah kata), .odp (presentasi), .ops (pengolah angka), .odg (grafik), dan .odf (formula matematis).

Teknologi ini pertama kali dikembangkan oleh SUN Microsystems, dibawah pengawasan OASIS (Organization for the Advancement of Structured Information Standards). Format ini ditetapkan menjadi standar internasional pada Mei 2006 oleh ISO (International Standardization Organization) dan IEC (International Electrotechnical Comission). Format ini bebas dipergunakan tanpa biaya lisensi, royalti atau paten lainnya.

Keistimewaan dari format ini adalah transparansi. Secara umum ada 2 format dokumen, yaitu Close (tertutup) dan Open (terbuka). Dalam format “close”, data disimpan menggunakan model biner sehingga isinya tidak dapat dilihat secara pasti tanpa menggunakan aplikasi tertentu. Sedangkan format “open” mengijinkan penggunanya membuka file secara bebas tanpa haris membayar lisensi.

Format ini mendapat sambutan positif dengan didukung oleh perusahaan-perusahaan besar dunia macam Sun, IBM, Novell, Corel, Opera, Red Hat dan Oracle. IBM menerapkan format ini di software Workplace buatannya, sedangkan Sun sendiri memakainya sebaai format dari piranti lunak kantoran miliknya yang bernama Star office.

OpenOffice.org juga menerapkan format ini dalam dokumen mereka, dan sekarang banyak pengguna Microsoft Office yang beralih ke OpenOffice. Microsoft sendiri menanggapinya dengan meluncurkan format OpenXML sebagai alternatif dari Open Document Format, dan bermaksud mendapatkan ijin dari ISO. Tak pelak, ODF membuat persaingan (antara Microsoft dengan apapun yang berbasis open source) menjadi semakin ramai :).

Sekarang, banyak negara di dunia yang mengadopsi Open Document Format. Bagaimana dengan Indonesia?

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09