Generasi dan Jenis Bahasa Pemrograman



Untuk mengerti bahasa pemrograman, kita perlu tahu apa itu "program". Program adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh computer. Program dibuat dengan tujuan untuk mempermudah user dalam memberikan instruksi/ perintah ke computer. (neni_rid.staff.gunadarma.ac.id)

Nah... untuk membuat program, diperlukan suatu bahasa pemrograman. Bahasa Pemrograman merupakan prosedur/tata cara penulisan program. Fungsinya adalah sebagai media untuk menyusun dan memahami, serta sebagai alat komunikasi antara pemrogram dengan komputer. (neni_rid.staff.gunadarma.ac.id)

Generasi bahasa pemrograman
Dari awal munculnya hingga sekarang, bahasa pemrograman terusmengalami perkembangan hingga mencapai lima level atau generasi, mulai dari level rendah hingga level tinggi. Adanya lima generasi ini disebabkan karena programmer terus berusaha sedikit demi sedikit mengadopsi generasi bahasa berikutnya untuk keperluan yang terus berkembang pula.

Generasi I : machine language
Generasi II : assembly language : Asssembler
Generasi III : high-level programming language: C, PASCAL, dsb.
Generasi IV : 4 GL (fourth-generation language): Prolog, SQL, Visual tool, dsb

Jenis bahasa pemrograman berdasarkan metodanya
Pemrograman Terstruktur adalah pembuatan program yang terdiri dari kumpulan prosedur. Prosedur-prosedur ini dapat saling memanggil dan dipanggil dari manapun dalam program dan dapat menggunakan parameter yang berbeda-beda untuk setiap pemanggilan. Setiap baris program akan dikerjakan secara urut dari atas ke bawah.

Pemrograman beorientasi objek merupakan bahasa pemrograman yang mampu memanfaatkan objek-objek yang tersedia atau membuat suatu objek tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman. Relative lebih fleksibel dan mudah diadaptasikan terhadap perubahan suatu program.

Pemrograman visual menggunakan bahasa visual yang memakai ekspresi visual (seperti grafik, gambar, atau ikon) dalam proses pemrograman. Bahasa ini bukan hanya dipakai oleh komputer, malah lebih tua dari komputer, misalnya Hieroglyphs (bahasa Mesir kuno). Bahasa ini kemudian diterapkan pada komputer dengan anggapan bahwa komputer dulu tida bisa melakukan apa-apa.

Pemrograman tidak terstruktur : Basica, Fortran, …
Pemrograman terstruktur : Pascal, C/C++, …
Pemrograman berorientasi objek : C++, SmallTalks, Java
Pemrograman visual : VB, Delphi, …
 
Jenis bahasa pemrograman berdasarkan bentuk (corak kode) nya
Pemrograman prosedural mempunyai dua elemen dalam programnya, yaiatu data dan intruksi. Data adalah hal yang akan dimanipulasi oleh intruksi yang tersedia. Instruksinya pun disusun secara prosedur, dan mungkin juga memiliki percabangan (kondisi jika... maka...).

Pemrograman fungsional adalah pemrograman dengan bahasa dimana ekspresi disusun atas fungsi panggilan (bukan pernyataan). Fungsi adalah perintah-perintah yang terkumpul menjadi satu dan dapat menghasilkan suatu nilai. Disebut bahasa pemrograman fungsional karena memang pada program seluruh kodenya berupa fungsi-fungsi. Bahasa pemrograman fungsional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memperlakukan proses komputasi sebagai evaluasi fungsi-fungsi matematika. Isi dari Program fungsional tidak mengandung pernyataan perintah.

Prmrograman deklaratif mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma (lowblogid.blogspot.com).

Pemrograman prosedural : Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C
Pemrograman fungsional : Scheme, ML, Haskell
Pemrograman deklaratif : Prolog
Pemrograman berorientasi objek : Java
Pemrograman prosedural sekaligus berorientasi objek : C++

Jenis bahasa pemrograman berdasarkan tujuan (hasil)
Pemrograman stand-alone
Pemrograman client/server
Pemrograman web : HTML, Script
Pemrograman jaringan

Jenis bahasa pemrograman berdasarkan cara penterjemahan
Interpreter : Basica, Foxpro, Matlab,…
Compiler : Turbo Basic, Pascal, C/C++, …

Beda antara interpreter dan compiler adalah, Interpreter menerjemahkan instruksi per instruksi, oleh karena itu proses penerjemahannya lebih cepat dari pada compiler. Program tidak perlu ditulis secara lengkap. Bila terjadi kesalahan, maka dapat langsung dibetulkan secara interaktif.

Sedangkan compiler akan menerjemahkan program yang telah ditulis lengkap secara keseluruhan. Jika terjadi kesalahan, maka kita harus membenarkan program terlebih dahulu bari proses kompilasi akan diulang kembali. Kompiler juga akan menghasilkan objek program, atau executable program yang bisa dijalankan pari prompt sistem.

ilustrasi: stevemooradian.com

Email Berbasis POP-3 dan Berbasis Web




Ada dua jenis cara penerimaan email, yaitu dengan POP (Post Office Protocol) ataupun dengan Web Based Email (Email yang dapat diakses secara online).

A. POP3 (Post Office Protocol versi 3) Base Server E-Mail

POP3 Base Server E-Mail, adalah sebuah server e-mail berbasis metode POP3 yang dapat diakses, dioperasikan serta dikelola melalui software e-mail yang kita miliki, seperti Microsoft Outlook. Biasanya jenis e-mail ini banyak disediakan oleh ISP secara gratis, jika kita telah terdaftar sebagai anggotanya.

Karakteristiknya antara lain:
  1. Pada penerimaan email dengan menggunakan POP3, digunakan suatu program yang dinamakan email client. Email client berfungsi untuk menerima email-email yang masuk ke komputer pengguna. Beberapa contoh email client adalah Outlook Express, Microsoft Outlook, The Bat, Eudora, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  2. Dapat mengoperasikannya (membaca atau mengirim pesan elektronik) dalam keadaan offline
  3. Dapat digabung dengan alamat e-mail yang lain, sehingga berapapun akun yang kita miliki semua dapat terdeteksi

B. WEB Base Server E-Mail

WEB Base Server E-mail adalah sebuah server e-mail berbasis Web, yang pengoperasiannya menuntut kondisi online (terkoneksi ke jaringan Internet).

Banyak website yang menyediakan layanan e-mail jenis ini secara gratis, misalnya:  Yahoo.com, Google.com, Hotmail.com, SkyBiz.com dan lain sebagainya. Dan kita harus mendaftar dulu sebagai pengguna.

C. Perbedaan POP3 Base Server E-Mail dan WEB Base Server E-Mail
  1. Pengarsipan: POP3 lebih mudah dalam pengarsipan karena e-mail disimpan di komputer pengguna. Sedangkan WEB lebih sukar karena e-mail disimpan di server (jika sewaktu-waktu server ada masalah, e-mail dapat sulit diakses bahkan dapat hilang)
  2. Fleksibilitas: POP3 hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja. Sedangkan e-mail berbasis WEB dapat dibuka dari sembarang tempat yang memiliki akses internet.
  3. Ukuran media penyimpanan: Besarnya media penyimpanan POP3 yang dapat digunakan untuk menampung email dapat tak terbatas (karena menggunakan komputer pribadi, tergantung budget pengguna). Sedangkan besarnya media penyimpanan e-mail berbasis WEB yang digunakan terbatas, tergantung penyedia email tersebut (karena menggunakan komputer orang lain atau komputer server)

ilustrasi: blog.blueskyfactory.com

Web dan Multimedia




Situs web yang kita jumpai di cyberworld makin bervariatif dan kreatif. Mereka tak hanya menampilkan informasi melalui teks dan link, namun hampis seluruh web dilengkapi dengan berbagai multimedia. Multimedia adalah gabungan dari teks dan grafik, maupun dengan audio, video, bahkan virtual-reality. Bagaimana web memanfaatkannya?

Grafik
Grafik (graphic) adalah perwakilan bentuk digital dari informasi non-teks seperti gambar atau foto. Bentuk yang paling umum adalah JPEG dan GIF. JPEG menekankan pada ukuran yang kecil dengan hasil yang maksimum. Sedangkan GIF menekankan kompresi untuk gambar yang hanya memiliki sedikit jangkauan warna.

Tidak jarang suatu situs hanya menampilkan gambar berupa Thumbnail, karena proses loading file grafis dapat memakan waktu yang lama. Thumbnail adalah gambar dengan ukuran lebih kecil, dalam hal bentuk dan kapasitas, yang merupakan perwalikan dari gambar aslinya. Jika ingin menampilkan gambar sebenarnya, cukup klik saja gambar thumbnail ini. Misalnya pada saat melakukan pencarian gambar di Google, maka hasil pencarian akan berupa kumpulan thumbnail yang ukurannya kecil.


Animasi
Bule menyebutnya animation, merupakan multimedia yang menampilkan sederetan gambar diam secara berurutan, sehingga terkesan dinamis. Efek yang ditimbulkan cukup menarik, karena tampilan jadi lebih indah.


Audio
Bukan hanya lagu, tapi perkataan maupun suara-suara lainnya termasuk dalam golongan audio. Di Web, kita bisa mendengarkan file-file audio untuk menambah mood atau menarik minat. Kita juga bisa mendownload dari net dan menyimpannya di hardisk. (Hati-hati ada UU Hak Cipta!) Format MP3 merupakan salah satu yang populer, mampu memperkecil ukuran asli hingga 1/10 kali tanpa mengubah kualitas.

Beberapa aplikasi Web menggunakan audio secara streaming, dengan mentransfer secara kontinu dan merata. Hal ini memungkinkan kita mengunduh sambil mendengarkannya.

Podcasting adalah salah satu contoh penyampaian informasi dengan audio. Suara direkan dalam format MP3 dan dapat diakses serta didownload. Ada juga yang menggolongkan aktifitas Podcasting ini dengan Blogging, hanya saja medianya berbeda.


Video
Video terdiri dari gambar-gambar bergerak dan dupitar pada kecepatan yang berlainan. Umumnya dilengkapi dengan suara atau audio. Kita bisa menonton video televisi di internet, baik rekaman maupun langsung. Ukuran video biasanya dikompresi karena ukurannya relatif besar, dan berdurasi kurang dari 10 menit karena proses download yang lama. MPEG (Moving Pictures Experts Group) mendefinisikan standar video secara meluas, yaitu MPEG-4. Proses streaming juga dapat kita jumpai di sini.


Virtual Reality (VR)
Multimedia ini memungkinkan kita melihat atau menikmati tampilan 3-D yang dapat dijelajahi decara interaktif oleh pengguna. Mirip game 3D.


Plug-In

Kadang-kadang, suatu program Web membutuhkan aplikasi khusus untuk mengampilkan multimedia di situsnya. Aplikasi tambahan ini disebut Plug-In. Biasanya plug-in disediakan secara gratis di dunia maya. Misalnya Acrobat Reader, Flash Player, QuickTime dan masih banyak lagi.



ilustrasi: irudiak.argazkiak.org

Ada apa di luar box komputer?






Yang ada di box atau pc tower/ pc case adalah...

Power switch - Yang ditekan ketika menyalakan komputer
Reset switch - Ketika mau reset/ restart komputer saat lagi hang
Drive activity light - lampu merah yang menyala ketika harddisk lagi sibuk
Power-on light - lampu hijau yang menyala ketika komputer menyala...

Connectors - Konektor menyambungkan periferal ke komputer, tiap konektor memiliki plug (colokan kabel) yang berbeda dan biasanya unik. Konektor dibedakan antara laki-laki (male) dan perempuan (female). Konektor male memiliki pin eksternal yang mencuat-cuat, sedangkan konektor female bolong-bolong.

Biasanya kita dilarang mencolokkan apapun ke konektor pada saat komputer sedang nyala karena komputer bisa crash, namun ada teknologi seperti USB (universal serial bus) yang memungkinkan "hot swapping" atau bebas colok-keluar selama komputer jalan.

Orang-orang sering salah menyebut konektor dengan "port", yang sebenarnya hanyalah sambungan/pathway secara elektrik, tidak berbentuk fisik seperti konektor.

Untuk menghubungkan sesuatu dengan konektor, kita hanya perlu menyolokkan perangkat keras ke dalamnya. Sedangkan untuk menghubungkan sesuatu ke port, kita perlu mengatur konfigurasinya lewat software komputer.


Kiri: female, bolong-bolong
Kanan: male, mencuat


Lebih jauh mengenai port...

Serial Port
Adalah port yang memungkinkan data ditransfer satu per satu, sehingga hanya digunakan pada alat yang tidak membutuhkan transfer data yang cepat. Salah satu contoh alat yang memakai serial port adalah modem, yang menghubungkan komputer ke sambungan telepon.

Ada dua standar untuk serial port, RS-232 standard yang umum digunakan pada PC, dan RS-422 standard yang dipakai di Macs. Pada PC case, konektor male 9-pin (DB-9) dapat digunakan untuk serial port, walaupun ada PC jenis lama yang masih menggunakan 25-pin (DB-25). Macintosh memakai konektor female 8-pin (DIN-8) untuk memfasilitasi port ini.

Parallel Port
Jika dibandingkan dengan serial port, parallel port bagaikan jalan tol dan serial port bagaikan jalan setapak. Parallel port dapat mengirim data 8 bit secara simultan (berbeda dengan serial port yang hanya satu bit), sehingga dapat disimpulkan bahwa transfer data pada parallel port lebih cepat. Pada PC, konektor female DB-25 menyediakan akses untuk port ini, sedangkan Macs memakai 6-pin (mini-DIN) konektor.

Parallel port yang terbaru disebut enchanced parallel port (EPP) dan extended capabilities port (ECP) mempunyai akses lebih cepat dan memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara komputer dan periferal. Misalnya kalau printer eror dia akan mengirim pesan ke komputer tentang detail erornya.

PS/2 Port
Disebut juga mouse port, karena sering dipakai sebegai colokan mouse.

SCSI Port
Small Computer System Interface, ditemukan di semua komputer Macs, tapi di PC penggunaannya juga semakin meningkat.

USB Port
Universal Serial Bus Port memungkinkan kita bebas colok-cabut alat tanpa membuat komputer crash. Selain itu ada juga teknologi Plug and Play (PnP) yang membuat komputer secara otomatis mendeteksi merk, model dan karakter alat yang kita colokkan ke port USB.

1394 Port (FireWIre)
Desainnya mirip seperti USB, namun aksesnya lebih cepat. Teknologinya jgua sama, namun digunakan untuk periferal yang membutuhkan akses data cepat.

IrDA (Infraerd Data Association)
Menggunakan sinyal inframerah, tidak perlu kabel. Tapi alatnya harus dikondisikan supaya tetap lurus terfokus pada sinyalnya.

Konektor Monitor
Biasanya pakai VGA-konektor, male 15-pin.

Konektor yang lain...
Konektor Telepon, disebut RJ-11
Konektor jaringan (Network Connector), pakai RJ-45, seperti konektor telepon tapi lebih besar sedikit
Slot PC Card, Konektor sound card, dlldlldldlldld

ilustrasi : technabob.com
www.global-b2b-network.com

Sistem Komputer: Hardware v Software (2)





Kalau dalam artikel sebelumnya membahas hardware, sekarang adalah software :)

Software adalah jembatan antara user dengan hardware, tugasnya adalah membuat hardware bekerja. Software dibuat oleh programmer dengan bahasa pemrograman, lalu sekumpulan perintah dalam bahasa pemrograman tersebut diterjemahkan ke bahasa mesin agar komputer (hardware) mengerti apa yang diperintahkan. Proses penerjemahan bahasa pemrograman ke bahasa mesin ini dilakukan oleh compiler.

Tipe software ada 2:

1. System software
    Sistem software bertanggung jawab atas bekerjanya sistem komputer supaya berfungsi dengan baik dan dengan semestinya. Contoh softwarenya adalah sistem operasi/ operating system (OS). Saat ini banyak sekali sistem operasi yang dipakai, mulai dari windows dan versi-versinya, Linux dengan versi-versinya, dan Mac OS yang dipakai oleh komputer Macintosh.

2. Application software
    Ada dua jenis application software, yaitu paket software (packaged/ shrink-wrapped/ on-the-shelf software) dan custom software. Software paket adalah software yang dipasarkan secara massal, sedangkan software custom adalah software yang khusus dibuat dari pesanan tertentu, misalnya perusahaan A ingin software yang bisa begini dan begitu, maka ia memesan software tersebut pada programmer.

Meskipun hardware tidak bisa bekerja tanpa software, hardware memiliki kelebihan bahwa ia lebih "aman" digunakan, karena hardware dibuat dengan pabrik yang telah teruji berkali-kali. Sedangkan software lebih "rawan" karena ia dibuat oleh manusia. Manusia menciptakan software dari ide-ide kompleks yang ditulis dengan bahasa pemrograman yang sederhana. Ingat bahwa komputer sebenarnya hanya dapat melakukan operasi matematika yang simple, namun bekerja dengan sangat cepat. Oleh karena itu, kesalahan penulisan dalam pemrograman kadang menimbulkan error yang cukup serius.

Hal ini sangat mungkin terjadi karena dalam pembuatan software, kadangkala dibutuhkan puluhan ribu hingga jutaan BARIS bahasa pemrograman. x_x. Oleh karena itu, error dalam program nyaris tidak bisa dihindarkan.

Rata-rata, untuk software pasaran, terdapat 14 - 17 error per seribu baris bahasa pemrogramannya. Bahkan program paling canggih sekalipun diprediksi akan salah paling tidak satu kali dalam tiap seribu baris. xp~~~ Kesalahan dalam program ini disebut bug atau glitch, yang sewaktu-waktu dapat mengancam komputer kita.

ilustrasi : www.spi.org

Sistem Komputer: Hardware v Software






Cara membedakan hardware dan software mudah saja. Kalau bisa disentuh, maka itu hardware, semisal monitor, keyboard, mouse, dll. Software memang tidak bisa disentuh, tapi dia yang membuat hardware bekerja, misalnya menyuruh printer nge-print dokumen. Tanpa software, hardware yang paling mahal dan canggih pun nggak berarti apa-apa.


Hardware.
Jika dikaitkan dengan information processing cycle, maka kehadiran hardware bisa dirasakan sebagai berikut:


Input - Harware yang dikenal sebagai alat-alat input bisa membantu user untuk memasukkan data mentah ke dalam komputer. Yang paling gampang contohnya adalah keyboard yang memasukkan karakter, microphone yang memasukkan suara, dan mouse untuk membantu user bernavigasi atau melakukan aktifitas lainnya.


Process - Alat pemroses yang paling vital adalah CPU atau microprocessor (atau sering disingkat processor saja) yang berperan sebagai otak atau pengendali seluruh kegiatan komputer.


Output - Alat-alat output membantu komputer menampilkan informasi pada user, misalnya monitor, printer, speaker, dlldll.


Storage - Media penyimpanan yang sering dipakai adalah RAM, Harddisk, CD, flashdisk, dll.


Selain keempat proses di atas, ada juga hardware yang dipakai untuk komunikasi (communication device), misalnya modem (hardware hubungan dengan jaringan internet), NIC/ Network Interface Card (untuk hubung dengan jaringan lokal atau LAN/ Local Area Network). Klik di sini untuk baca artikel aer yang lebih lengikap tentang ini. :)


illustration by: www.wired.com

Mengenal Komputer





Komputer sering dijumpai, tapi apakah kita tahu apa itu komputer?

Ada beberapa orang yang tahu komputer, tapi hanya sekedar tahu. Maksudnya sekedar tahu itu hanya tahu tentang PC (personal computer), sistem operasi/ OS (operating system), office, dan internet.

Pengetahuan ini dinamakan computer-literacy, mirip seperti orang yang tidak buta huruf, minimal bisa baca. Yang kita butuhkan adalah computer-fluency, yaitu pengetahuan yang dimiliki orang-orang yang mengerti dunia digital dan mengerti konsep dan prinsip dasar berkomputer.

Sekarang, apakah itu komputer?

Komputer adalah mesin yang bekerja di bawah perintah dan kendali program dan menjalankan 4 operasi dasar, yaitu input, proses (process), output, dan penyimpanan (storage). Program adalah kumpulan instruksi yang membantu komputer menjalankan 4 fungsi dalam menyelesaikan tugasnya.

INPUT yaitu komputer menerima data yang belum diolah dari user, bisa berupa angka, huruf, gambar, atau suara.

PROCESS yaitu komputer melakukan operasi aritmatika atau logika pada data. Operasi yang dilakukan komputer sebenarnya sangat simple, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian. Namun komputer memiliki keunggulan yaitu kecepatan dan keakuratan (bayangkan hingga jutaan operasi matematika dalam satu detik, wow o_0)

OUTPUT yaitu komputer menampilkan hasil olahan/ informasi tersebut pada pengguna sehingga dapat dimanfaatkan

STORAGE yaitu komputer bisa menyimpan data yang akan, sedang, atau tekah diproses sehingga bisa diakses di waktu lain. Komputer bisa menyimpan data yang sangat banyak jika dibandingkan dengan memori manusia yang tidak digunakan secara maksimal.

Keempat proses di atas bisa disebut sebagai information processing cycle. Klik di sini untuk membaca posting tentang keempat proses ini secara mendetail.

Batch vs. Interactive Processing
Batch processing mengacu pada proses pengolahan jaman dulu pada saat komputer masih baru ada, kita harus menunggu satu siklus selesai secara penuh sebelum melakukan siklus baru. Keempat proses dalam siklus tidak bisa diinterupsi kalau-kalau, misalnya, ada kesalahan pemasukan data.

Sekarang yang dipakai adalah interactive processing dimana memungkinkan bagi pengguna untuk memonitor keempat proses secara terpisah, dan jika ditemukan kesalahan, proses perbaikan dapat segera dilakukan tanpa menunggu seluruh proses berjalan hingga selesai. :)

Ilustrasi:
www.eportfolio.lagcc.cuny.edu

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09