Unit Fungional Komputer




Ada 5 unit fungsional dasar dari komputer 
: input, memori, arithmetic dan logic, control, dan output.

Input diterima dari informasi yang diberikan pengguna melalui alat-alat input, misalnya keyboard dan mouse.

Informasi ini lalu disimpan dalam memori komputer untuk penggunaan berikutnya atau proses selanjutnya...

...yang dilakukan oleh arithmetic dan logic (ALU) atau bagian dari prosesor, untuk mendapatkan pengolahan yang diinginkan.

Lalu, hasil pengolahan ini dikirim balik ke pengguna dengan alat output, seperti monitor dan speaker.

Nah, semua proses di atas dikoordinasi oleh unit kontrol.
Jika kelima proses di atas dijabarkan lebih lanjut, maka:

Input
Informasi yang diinputkan pengguna dapat berupa data atau instruksi.

Instruksi, atau biasanya disebut machine instruction, adalah perintah eksplisit yang:
- mengatur transfer informasi, baik di dalam komputer maupun antara komputer dengan alat I/O (Input Output)
- menentukan operasi aritmatika dan logic mana yang akan dipakai untuk mengolah data

Daftar instruksi yang menyelesaikan suatu proses tertentu disebut program. Biasanya, program disimpan di memori.

Data adalah angka/ hufur/ karakter yang tersandi, yang akan menjadi objek operasi dari instruksi. Namun kadang "data" juga digunakan untuk mewakili semua informasi digital yang akan diolah di komputer.

Memori
Ada dua macam memori, yaitu primer dan sekunder.

Memori primer adalah memori yang cepat dan beroperasi dalam kecepatan elektronis. Memori ini bertugas menyimpan data yang akan diolah. Contoh memori primer adalah RAM (Random-Access Memory).

Di dalam memori primer ada lokasi-lokasi tertentu yang digunakan untuk menyimpan data yang berbeda. Tiap lokasi ini memiliki semacam alamat/ address berupa angka untuk pengaksesannya.

Hal ini dapat dianalogikan dengan lemari locker yang berisi banyak kotak kosong yang memiliki nomor, sehingga tiap locker/ nomor memiliki kunci yang berbeda. Untuk membuka locker ini kita harus menggunakan kunci yang tepat pada nomor/ alamat yang diinginkan.

Walaupun memori primer sangat penting dan cepat, namun harganya sangat mahal. Untuk mendapat 2 Gigabyte RAM saja perlu mengeluarkan kocek yang lumayan. 

Oleh karena itu, memori sekunder dibutuhkan untuk menyimpan data yang besar, namun hanya diakses sesekali/ tidak sering.
Banyak sekali memori sekunder yang tersedia, misalnya Harddisk, CD ROM, dll.

Arithmetic dan Logic Unit
Disebut juga ALU, adalah bagian dari prosesor, yang bertugas melakukan operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, dll) dan operasi logika (lebih besar, lebih kecil, dll).

Meskipun yang dilakukan sangat sangat sederhana, bahkan anak SD sekalipun bisa melakukannya, namun prosesor melakukan operasi ini dengan sangat sangat cepat, bisa berjuta operasi per detik. 

Hal inilah yang membedakan komputer dengan manusia, yaitu kecepatannya, yang membuat komputer seolah terlihat lebih pintar, padahal yang dilakukannya hanyalah melakukan perhitungan simpel ala anak SD. :)

Yang penting dari ALU adalah adanya memori tambahan yang disebut register yang terletak di sirkuit prosesor. Meskipun kapasitasnya kecil, register memiliki waktu akses yang sangat cepat, bahkan paling cepat diantara jenis-jenis memori lainnya. Hal ini penting untuk mendukung fungsi prosesor dalam mengolah data, yang membutuhkan waktu secepat mungkin.

Output
Output adalah lawan dari input. Fungsinya adalah untuk mengirim informasi ke dunia luar/ ke pengguna yang membutuhkan.

Control
Unit control mengkoordinasikan semua unit lainnya, bagaikan sistem saraf yang mengendalikan pergerakan manusia dengan mengirim sinyal perintah dan mendeteksi rangsangan/ keadaan alatnya.

Wujud dari kontrol unit itu sendiri kadang BUKANLAH berupa suatu alat mandiri yang secara fisik terpisah dari alat lainnya di dalam komputer, namun control unit tersebar di seluruh komponen komputer. 

Misalnya adalah kontrol unit dalam kabel-kabel, atau jalur kontrol, yang membawa sinyal yang diperlukan untuk timing dan sinkronisasi event-event di semua unit.

ilustrasi: concept51.co.uk

Virtual Reality



Virtual Reality (VR) adalah "lingkungan" tiruan yang diprogram lewat komputer/ software dan dirasakan oleh pengguna seolah-olah nyata. Untuk membuat perasaan ini,otak kita pengguna harus dimanipul

asi lewat indera yang ada (penglihatan, pendengaran, pembau, perasa [lidah] dan sentuhan), namun VR biasanya direpresentasikan lewat penglihatan dan pendengaran, menggunakan grafis dan suara, sehingga pengguna seolah berada di dunia baru.

Sekarang, istilah "virtual reality" mulai tergantikan oleh istilah "virtual envoronment" (VE) oleh para ahli komputer. Konsepnya tetap sama, yaitu mensimulasikan lingkungan 3-D yang bisa dijelajahi oleh pengguna seolah-olah benar-benar bisa dirasakan lewat indera.

2 syarat yang harus ada dalam VR/ VE adalah:
1. Gambar/ grafis/ penglihatan 3-D yang nyata menurut perspektif penglihatan pengguna
2. Kemampuan untuk mendeteksi gerakan-gerakan pengguna, seperti gerakan kepala dan arah bola mata, untuk menyesuaikan grafis yang dihasilkan supaya menyesuaikan perubahan "dunia" 3-Dnya

Saat berada dalam VR, pengguna akan merasa "melebur" seolah menyatu dengan dunianya, dan bisa berinteraksi dengan objek-objek yang ada di sana. Hal ini disebut dengan "telepresence".

Menurut Jonathan Stauer, ada dua komponen dalam perasaan "melebur" ini, yang disebut:
1. Depth of information, merupakan banyak dan kualitas data yang ditansfer demi menciptakan lingkungan VR, seperti resolusi, ketajaman gambar, dll
2. Breadth of information, yaitu seberapa besar indera pengguna dimanipulasi, yang biasanya terbatas pada penglihatan dan pendengaran. Namun saat ini sedang dikembangkan VR yang bisa memanipulasi indera sentuhan dan pembau.

Saat VR mendeteksi gerakan pengguna untuk menyesuaikan keadaan lingkungan tiruannya, ada jeda waktu yang disebut "latency", yaitu jeda di saat VR mulai mendeteksi gerakan pengguna dan saat tampilan grafis mulai berubah. Manusia bisa merasakan "jeda waktu" ini jika jaraknya lebih dari 50 milisekon. Jika latency ini terjadi dalam VR, maka pengguna akan mulai sadar bahwa ia berada di lingkungan palsu, dan perasaan "melebur"nya akan hilang.

Alat yang dipakai untuk menyajikan dunia ini pada pengguna bisa bermacam-macam, yang paling banyak dipakai adalah Head-mounted Display (HMD), yang dilengkapi dengan dua layar untuk tiap mata dan dipakai seperti kacamata besar dan aneh di kepala.

Ada juga CAVE (Cave Automatic Virtual Environment) yang memproyeksikan gambar pada dinding-dinding, langit-langit, dan lantai pada ruangan kotak yang kecil. Pengguna bisa bergerak-gerak dalam ruangan itu dan dilengkapi dengan kacamata khusus untuk melengkapi nuansa yang dirasakan. Namun CAVE memakan tempat dan mahal.

Aplikasi dari virtual reality misalnya pada aplikasi kedokteran, game, sampai pelatihan militer. Ada juga VR yang digunakan untuk mengatasi ketakutan akan ketinggian dan dijadikan sarana terapi. Ingin mencoba?
ilustrasi: www.streamhead.com

Laptop dan Isu Radiasi Penyebab Kanker



Mungkin pernah mendengar isu radiasi pada alat ekektronik seperti handphone atau laptop yang cukup kontroversial. Namun sebenarnya, perlu diketahui bahwa semua alat elektronik mengeluarkan radiasi yang tidak bisa kita hindari, mulai dari TV, mikrowave, komputer, dan lainnya. Padahal seperti yang kita tahu, penggunaan alat-alat ini serasa tidak bisa dihindarkan.

Semua alat elektronik mengeluarkan sejenis medan elektromagnetik (electromagnetic field atau EMF) yang merupakan salah satu jenis radiasi. Namun, EMF adalah jenis radiasi yang non-ionisasi, atau radiasi yang energinya bahkan tidak cukup untuk mengionisasi atom atau mengeksitasi elektron, berbeda dengan radiasi uranium, yang merupakan radiasi ionisasi.

Contoh dari radiasi yang ekstrem dari alat elektronik adalah radiasi dari microwave, yang mengeluarkan medan dengan frekuensi tinggi yang bisa dideteksi meskipun dalam jarak beberapa yard. Namun kebanyakan radiasi alat elektronik lainnya akan berkurang dalam jarak beberapa inchi saja. Jadi selama kita menjaga jarak yang cukup saat menggunakan alat-alat tersebut, maka tidak ada yang perlu dirisaukan.

Namun ada kasus khusus seperti pada penggunaan laptop. Banyak orang meletakkan laptop di atas paha mereka pada saat mereka bekerja. Artinya, jarak antara tubuh dengan laptop adalah nol. Apakah ini mempengaruhi tubuh kita?

Radiasi yang keluar dari laptop kebanyakan berasal dari dalam komponen laptop, seperti harddisk dan chip memori, daripada yang keluar dari screen/ layar.

Tranceiver (penerima) koneksi wireless juga menghasilkan radiasi microwave, sehingga ada juga dugaan yang menyebutkan bahwa sinyal wireless (atau wi-fi, wireless fidelity) jauh lebih berbahaya. Namun WHO (World Health Organization) menyangkal hal ini dan mengatakan bahwa efeknya masih di bawah batas yang bisa merusak tubuh manusia.

Ada rekomendasi bahwa batas medan elektromagnetik yang bisa ditoleransi tubuh adalah 2.5 miliGauss. Namun, laptop ternyata bisa mengeluarkan lebih dari 150 mG saat digunakan.

Komputer desktop dilengkapi dengan casing metal sehingga membentuk pelindung Gauss yang melindungsi dari radiasi. Namun pada pembuat laptop ada yang menghilangkan pelindung ini dari produknya agar laptop mereka lebih ringan dan lebih merarik pengguna.

Menurut factoidz.com, beberapa resiko yang MUNGKIN bisa timbul akibat radiasi yang berlebihan antara lain:
  • resiko kanker
  • cacat kelahiran
  • pembelahan sel yang prematur sehingga menyebabkan mutasi
  • alzheimer (lupa/ pikun akut)

Tumor otak yang semakin menjadi tren di saat telepon selular booming juga menjadi salah satu bukti adanya bahaya radiasi ini. Namun ada juga orang yang tidak terpengaruh apa-apa selama hidupnya walaupun ia juga pengguna handphone. Tetapi perlu juga diperhatikan bahwa ada kemungkinan bahwa pengaruh radiasi-radiasi ini baru akan terasa 50 tahun kemudian di saat efeknya sudah terakumulasi dan tersebar.

Nah, daripada kita berhenti pake laptop, lebih baik melakukan antisipasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan di kemudian hari. Usaha yang bisa dilakukan adalah:
  • letakkan laptop di permukaan selain di atas permukaan tubuh, seperti paha, apalagi jika penggunaannya secara teratur dan intense
  • jangan memakai bantal untuk alas di atas paha. Walaupun sepertinya hal ini melindungi tubuh, tetapi bantal dapat menghalangi sirkulasi udara/ panas yang dibuang laptop yang pada akhirnya mempersingkat umur laptop
  • jika harus menggunakan laptop dalam waktu yang lama, usahakan beristirahat di sela-sela waktu yang ada
  • stay cool :) dan dont panic

ilustrasi: www.treehugger.com

Performa Hardware: Bit vs Byte



Orang salah mengasumsikan bahwa bit adalah sama dengan byte, padahal TIDAK. Bit dan byte memang satuan memori, namun dipakai dengan fungsi yang berbeda menurut tujuannya.

Bit (binary digit) adalah unit terkecil dari informasi dalam komputer yang hanya dituliskan dengan sandi nol (0) dan satu (1). Bit dipakai sebagai acuan data transfer rate atau jumlah bit yang ditransferkan selama satu detik untuk mengukur kecepatan kirim.

Jadi misalnya dalam satu detik terdapat 64 Kilobit yang dikirim maka, data transfer ratenya adalah 64 Kbps (Kilobit per sekon).

Sedangkan Byte adalah satuan yang setara dengan 8 bit, dan merepresentasikan satu karakter (huruf, angka, atau simbol). Byte dipakai sebagai satuan kapasitas penyimpanan. Misalnya dokumen A memakan 1212 bytes dalam memori.

Hal yang membedakan bit dan byte bukan itu saja, namun juga tingkatan-tingkatan satuannya sebagai berikut...

Komputer dapat menyimpan jutaan byte dan mengirim jutaan bit data, oleh karena itu digunakan istilah kilo, mega, giga, dst. Bedanya adalah:
1 Kilobit = 1000 bit, namun
1 Kilobyte = 1024 byte, jadi nggak bulat. Kalau mau lihat daftar konversi lengkapnya bisa dilihat di artikel aer berjudul "Konversi Satuan File".

Nah semoga setelah mengetahui hal ini kita jadi lebih memperhatikan perbedaan bit dan byte sehingga tidak salah kaprah lagi. :)

ilustrasi: www.reklamyonetmeni.com

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09