RSI


RSI (Repetitive Strain Injuries) adalah penyakit yang menyerang bagian-bagian tubuh tertentu akibat gerakan fisik yang berulang-ulang yang menyerang otot, saraf, dan jaringan tubuh lainnya. RSI bisa menyerang siapa saja, termasuk pengguna komputer yang intens, ataupun yang ceroboh.

Apalagi sekarang komputer sangat digandrungi karena menawarkan kemudahan dalam hidup. Penggunaan keyboard yang salah, misalnya, yang memungkinkan kita mengetik dengan cepat, dapat pula menyebabkan RSI yang menyerang tangan, lengan, ataupun bahu.

Biasanya RSI terjadi karena penggunaan komputer yang "salah posisi". Kesalahan posisi dalam berkomputer, seperti posisi duduk yang tegang ataupun posisi tangan yang kaku saat mengetik bisa juga memicu terjangkitnya RSI.

Gejalanya:

  1. Rasa kaku, tidak nyaman, tegang, rasa sakit atau rasa membakar di tangan, pergelangan, jari-jari, lengan, atau siku
  2. Rasa dingin atau mati rasa di tangan
  3. Hilangnya kekuatan dan koordinasi pada tangan/ tangan jadi lemah saat memegang sesuatu
  4. Rasa sakit yang dapat membangunkan Anda di malam hari
  5. Perasaan yang mendorong untuk terus-menerus menggosok-gosok tangan, pergelangan, dan lengan
  6. Rasa sakit di punggung atas, bahu, atau leher yang berhubungan dengan penggunaan komputer

Cara Mencegah:
Posisi mengetik yang tepat, pengaturan peralatan yang pas, dan kebiasaan kerja yang sehat ampuh untuk mencegah terjadinya RSI. Misalnya seperti pada gambar.



Atau jika mejanya terlalu tinggi, keyboard bosa ditaruh di atas paha untuk mengetik. Usahakan segala sesuatu bisa dijangkau dengan mudah oleh tubuh dan tidak terlalu memaksakan karena itu akan menimbulkan masalah.

Bahkan dengan posisi yang sempurna sekalipun, jika kita melakukannya terlalu sering, maka RSI juga berpotensi menyerang. Relaks saja dan regangkan tubuh Anda sekali-kali supaya nggak tegang.

Lebih jauh lagi:
Saat mengetik, sebaiknya tangan atau lengan Anda tidak bersandar atau bertumpu pada sesuatu. Layangkan tangan dengan bebas dan telapak tangan sebaiknya segaris dengan lengan. Jika ingin beristirahat, letakkan saja tangan di paha atau di meja samping daripada di atas keyboard.

Jangan menggebrak-nggebrak keyboard saat mengetik, gunakan tekanan ringan. Jangan meremas-remas mouse, geser-geser saja dengan santai.

Gunakan dua tangan untuk melakukan kombinasi seperti [Ctrl + C] atau [Alt + F4] misalnya.

Jaga agar tangan dan lengan Anda tetap hangat, karena otot yang dingin lebih berpotensi terkena RSI. Hati-hatilah bagi Anda yang bekerja di bawah AC.

PERBESAR UKURAN FONT/ ZOOOOOOM, karena font yang kecil kadangkala akan memaksa kita condong ke depan dan akan membebani otot leher dan bahu. Lagipula, mata bisa sakit kalau terlalu lama memelototi font yang kecil.

Santai, perbanyak istirahat dan melakukan peregangan/ olahraga ringan. Rencanakan kegiatan komputer Anda dengan matang, misalnya dengan melakukan peregangan ringan tiap beberapa menit.

Juga, kalau bisa, jangan berkomputer kalau tidak benar-benar penting. Kalau nge-game yang wajar-wajar saja. Perhatikan juga kegiatan lain selain berkomputer yang melibatkan pergerakan yang berulang-ulang.


Pasien RSI bisa saja disembuhkan, tapi butuh waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Mereka mungkin bisa bekerja kembali tapi ada juga yang cacat permanen dan tidak memungkinkan untuk melakukan pekerjaan. Kalaupun mereka sembuh, selalu ada ancaman buat mereka untuk kambuh. Karena itu sangat penting bagi kita untuk mulai peduli terhadap ancaman RSI ini. :)

sumber: http://eeshop.unl.edu/rsi.html
ilustrasi: http://eeshop.unl.edu



0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09