RSS




Anda memiliki website atau blog favorit? Ingin up-to-date dengan konten-konten baru atau postingan baru tanpa membuka langsung alamat urlnya? Manfaatkanlah RSS. :)


RSS atau Really Simple Syndication adalah teknologi yang memungkinkan pengguna "berlangganan" sesuatu (baik konten ataupun komentar) pada website atau blog. Jadi, tanpa mambuka alamatnya secara langsung, kita akan secara otomatis "diberitahu" jika ada berita terbaru dari web/ blog tersebut.

Hal ini sangat berguna karena kita tidak tahu secara pasti apakan web aau blog tertentu telah mengupdate halamannya. Bayangkan berapa bandwidth dan biaya yang harus Anda keluarkan demi membuka suatu web yang berat, namun Anda tidak menemukan suatu yang baru di sana.

RSS bekerja dengan sederhana. Banyak web atau blog yang sekarang menyediakan file XML yang mengikuti standar RSS yang berisi hal-hal yang baru dari web atau blog mereka. Dari ile XML inilah, kita bisa berlangganan konten web atau blog terebut.

File XML tersebut dapat diakses melalui jalur HTTP biasa, dan disebut RSS feed, web feed, atau channel. Jika Anda membuka feed dengan web browser, maka yang muncul adalah teks mentah XML. Lalu untuk membaca XML mentah tersebut, kita memakai sebuah RSS reader, aggregator, atau parser. Mudah sekali :)

RSS reader bisa bermacam-macam. Ada yang bisa dibuka lewat web browser. Ada yang bisa diakses lewat e-mail. Ada yang berbentuk aplikasi mandiri di PC. Dan ada yang bisa tampil di halaman web lainnya, misalnya RSS dari blog Striptisdelapan yang muncul di bagian kanan blog AerPuteh ini. :)

Apabila suatu web atau blog menyediakan fasilitas RSS feed, biasanya mereka akan menampilkan suatu link feeds, bentuknya bisa dalam teks atau gambar. Teks yang biasa mengindikasikan adalah RSS Feeds adalah "Subscribe in a reader" atau "Subscribe this page" atau sejenisnya. Dan kalau dalam bentuk gambar biasanya akan ditampilkan gambar kotak oranye dengan tanda sinyal putih di dalamnya, seperti gambar di atas sana.


Jika web atau blog kesukaan Anda menyediakan fasilitas tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. :)
ilustrasi: www.iconnect007.com



1 yang komen:

Saya mengatakan...

Apik CAK

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Follow by Email

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09