Mengenal Komputer





Komputer sering dijumpai, tapi apakah kita tahu apa itu komputer?

Ada beberapa orang yang tahu komputer, tapi hanya sekedar tahu. Maksudnya sekedar tahu itu hanya tahu tentang PC (personal computer), sistem operasi/ OS (operating system), office, dan internet.

Pengetahuan ini dinamakan computer-literacy, mirip seperti orang yang tidak buta huruf, minimal bisa baca. Yang kita butuhkan adalah computer-fluency, yaitu pengetahuan yang dimiliki orang-orang yang mengerti dunia digital dan mengerti konsep dan prinsip dasar berkomputer.

Sekarang, apakah itu komputer?

Komputer adalah mesin yang bekerja di bawah perintah dan kendali program dan menjalankan 4 operasi dasar, yaitu input, proses (process), output, dan penyimpanan (storage). Program adalah kumpulan instruksi yang membantu komputer menjalankan 4 fungsi dalam menyelesaikan tugasnya.

INPUT yaitu komputer menerima data yang belum diolah dari user, bisa berupa angka, huruf, gambar, atau suara.

PROCESS yaitu komputer melakukan operasi aritmatika atau logika pada data. Operasi yang dilakukan komputer sebenarnya sangat simple, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian. Namun komputer memiliki keunggulan yaitu kecepatan dan keakuratan (bayangkan hingga jutaan operasi matematika dalam satu detik, wow o_0)

OUTPUT yaitu komputer menampilkan hasil olahan/ informasi tersebut pada pengguna sehingga dapat dimanfaatkan

STORAGE yaitu komputer bisa menyimpan data yang akan, sedang, atau tekah diproses sehingga bisa diakses di waktu lain. Komputer bisa menyimpan data yang sangat banyak jika dibandingkan dengan memori manusia yang tidak digunakan secara maksimal.

Keempat proses di atas bisa disebut sebagai information processing cycle. Klik di sini untuk membaca posting tentang keempat proses ini secara mendetail.

Batch vs. Interactive Processing
Batch processing mengacu pada proses pengolahan jaman dulu pada saat komputer masih baru ada, kita harus menunggu satu siklus selesai secara penuh sebelum melakukan siklus baru. Keempat proses dalam siklus tidak bisa diinterupsi kalau-kalau, misalnya, ada kesalahan pemasukan data.

Sekarang yang dipakai adalah interactive processing dimana memungkinkan bagi pengguna untuk memonitor keempat proses secara terpisah, dan jika ditemukan kesalahan, proses perbaikan dapat segera dilakukan tanpa menunggu seluruh proses berjalan hingga selesai. :)

Ilustrasi:
www.eportfolio.lagcc.cuny.edu

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09