Ada apa di luar box komputer?






Yang ada di box atau pc tower/ pc case adalah...

Power switch - Yang ditekan ketika menyalakan komputer
Reset switch - Ketika mau reset/ restart komputer saat lagi hang
Drive activity light - lampu merah yang menyala ketika harddisk lagi sibuk
Power-on light - lampu hijau yang menyala ketika komputer menyala...

Connectors - Konektor menyambungkan periferal ke komputer, tiap konektor memiliki plug (colokan kabel) yang berbeda dan biasanya unik. Konektor dibedakan antara laki-laki (male) dan perempuan (female). Konektor male memiliki pin eksternal yang mencuat-cuat, sedangkan konektor female bolong-bolong.

Biasanya kita dilarang mencolokkan apapun ke konektor pada saat komputer sedang nyala karena komputer bisa crash, namun ada teknologi seperti USB (universal serial bus) yang memungkinkan "hot swapping" atau bebas colok-keluar selama komputer jalan.

Orang-orang sering salah menyebut konektor dengan "port", yang sebenarnya hanyalah sambungan/pathway secara elektrik, tidak berbentuk fisik seperti konektor.

Untuk menghubungkan sesuatu dengan konektor, kita hanya perlu menyolokkan perangkat keras ke dalamnya. Sedangkan untuk menghubungkan sesuatu ke port, kita perlu mengatur konfigurasinya lewat software komputer.


Kiri: female, bolong-bolong
Kanan: male, mencuat


Lebih jauh mengenai port...

Serial Port
Adalah port yang memungkinkan data ditransfer satu per satu, sehingga hanya digunakan pada alat yang tidak membutuhkan transfer data yang cepat. Salah satu contoh alat yang memakai serial port adalah modem, yang menghubungkan komputer ke sambungan telepon.

Ada dua standar untuk serial port, RS-232 standard yang umum digunakan pada PC, dan RS-422 standard yang dipakai di Macs. Pada PC case, konektor male 9-pin (DB-9) dapat digunakan untuk serial port, walaupun ada PC jenis lama yang masih menggunakan 25-pin (DB-25). Macintosh memakai konektor female 8-pin (DIN-8) untuk memfasilitasi port ini.

Parallel Port
Jika dibandingkan dengan serial port, parallel port bagaikan jalan tol dan serial port bagaikan jalan setapak. Parallel port dapat mengirim data 8 bit secara simultan (berbeda dengan serial port yang hanya satu bit), sehingga dapat disimpulkan bahwa transfer data pada parallel port lebih cepat. Pada PC, konektor female DB-25 menyediakan akses untuk port ini, sedangkan Macs memakai 6-pin (mini-DIN) konektor.

Parallel port yang terbaru disebut enchanced parallel port (EPP) dan extended capabilities port (ECP) mempunyai akses lebih cepat dan memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara komputer dan periferal. Misalnya kalau printer eror dia akan mengirim pesan ke komputer tentang detail erornya.

PS/2 Port
Disebut juga mouse port, karena sering dipakai sebegai colokan mouse.

SCSI Port
Small Computer System Interface, ditemukan di semua komputer Macs, tapi di PC penggunaannya juga semakin meningkat.

USB Port
Universal Serial Bus Port memungkinkan kita bebas colok-cabut alat tanpa membuat komputer crash. Selain itu ada juga teknologi Plug and Play (PnP) yang membuat komputer secara otomatis mendeteksi merk, model dan karakter alat yang kita colokkan ke port USB.

1394 Port (FireWIre)
Desainnya mirip seperti USB, namun aksesnya lebih cepat. Teknologinya jgua sama, namun digunakan untuk periferal yang membutuhkan akses data cepat.

IrDA (Infraerd Data Association)
Menggunakan sinyal inframerah, tidak perlu kabel. Tapi alatnya harus dikondisikan supaya tetap lurus terfokus pada sinyalnya.

Konektor Monitor
Biasanya pakai VGA-konektor, male 15-pin.

Konektor yang lain...
Konektor Telepon, disebut RJ-11
Konektor jaringan (Network Connector), pakai RJ-45, seperti konektor telepon tapi lebih besar sedikit
Slot PC Card, Konektor sound card, dlldlldldlldld

ilustrasi : technabob.com
www.global-b2b-network.com

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09