Email Berbasis POP-3 dan Berbasis Web




Ada dua jenis cara penerimaan email, yaitu dengan POP (Post Office Protocol) ataupun dengan Web Based Email (Email yang dapat diakses secara online).

A. POP3 (Post Office Protocol versi 3) Base Server E-Mail

POP3 Base Server E-Mail, adalah sebuah server e-mail berbasis metode POP3 yang dapat diakses, dioperasikan serta dikelola melalui software e-mail yang kita miliki, seperti Microsoft Outlook. Biasanya jenis e-mail ini banyak disediakan oleh ISP secara gratis, jika kita telah terdaftar sebagai anggotanya.

Karakteristiknya antara lain:
  1. Pada penerimaan email dengan menggunakan POP3, digunakan suatu program yang dinamakan email client. Email client berfungsi untuk menerima email-email yang masuk ke komputer pengguna. Beberapa contoh email client adalah Outlook Express, Microsoft Outlook, The Bat, Eudora, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  2. Dapat mengoperasikannya (membaca atau mengirim pesan elektronik) dalam keadaan offline
  3. Dapat digabung dengan alamat e-mail yang lain, sehingga berapapun akun yang kita miliki semua dapat terdeteksi

B. WEB Base Server E-Mail

WEB Base Server E-mail adalah sebuah server e-mail berbasis Web, yang pengoperasiannya menuntut kondisi online (terkoneksi ke jaringan Internet).

Banyak website yang menyediakan layanan e-mail jenis ini secara gratis, misalnya:  Yahoo.com, Google.com, Hotmail.com, SkyBiz.com dan lain sebagainya. Dan kita harus mendaftar dulu sebagai pengguna.

C. Perbedaan POP3 Base Server E-Mail dan WEB Base Server E-Mail
  1. Pengarsipan: POP3 lebih mudah dalam pengarsipan karena e-mail disimpan di komputer pengguna. Sedangkan WEB lebih sukar karena e-mail disimpan di server (jika sewaktu-waktu server ada masalah, e-mail dapat sulit diakses bahkan dapat hilang)
  2. Fleksibilitas: POP3 hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja. Sedangkan e-mail berbasis WEB dapat dibuka dari sembarang tempat yang memiliki akses internet.
  3. Ukuran media penyimpanan: Besarnya media penyimpanan POP3 yang dapat digunakan untuk menampung email dapat tak terbatas (karena menggunakan komputer pribadi, tergantung budget pengguna). Sedangkan besarnya media penyimpanan e-mail berbasis WEB yang digunakan terbatas, tergantung penyedia email tersebut (karena menggunakan komputer orang lain atau komputer server)

ilustrasi: blog.blueskyfactory.com

1 yang komen:

Irawan mengatakan...

Saya baru tahu ni perbedaan antara email berbasis POP-3 dan web
nice share

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09