Sistem Komputer: Hardware v Software (2)





Kalau dalam artikel sebelumnya membahas hardware, sekarang adalah software :)

Software adalah jembatan antara user dengan hardware, tugasnya adalah membuat hardware bekerja. Software dibuat oleh programmer dengan bahasa pemrograman, lalu sekumpulan perintah dalam bahasa pemrograman tersebut diterjemahkan ke bahasa mesin agar komputer (hardware) mengerti apa yang diperintahkan. Proses penerjemahan bahasa pemrograman ke bahasa mesin ini dilakukan oleh compiler.

Tipe software ada 2:

1. System software
    Sistem software bertanggung jawab atas bekerjanya sistem komputer supaya berfungsi dengan baik dan dengan semestinya. Contoh softwarenya adalah sistem operasi/ operating system (OS). Saat ini banyak sekali sistem operasi yang dipakai, mulai dari windows dan versi-versinya, Linux dengan versi-versinya, dan Mac OS yang dipakai oleh komputer Macintosh.

2. Application software
    Ada dua jenis application software, yaitu paket software (packaged/ shrink-wrapped/ on-the-shelf software) dan custom software. Software paket adalah software yang dipasarkan secara massal, sedangkan software custom adalah software yang khusus dibuat dari pesanan tertentu, misalnya perusahaan A ingin software yang bisa begini dan begitu, maka ia memesan software tersebut pada programmer.

Meskipun hardware tidak bisa bekerja tanpa software, hardware memiliki kelebihan bahwa ia lebih "aman" digunakan, karena hardware dibuat dengan pabrik yang telah teruji berkali-kali. Sedangkan software lebih "rawan" karena ia dibuat oleh manusia. Manusia menciptakan software dari ide-ide kompleks yang ditulis dengan bahasa pemrograman yang sederhana. Ingat bahwa komputer sebenarnya hanya dapat melakukan operasi matematika yang simple, namun bekerja dengan sangat cepat. Oleh karena itu, kesalahan penulisan dalam pemrograman kadang menimbulkan error yang cukup serius.

Hal ini sangat mungkin terjadi karena dalam pembuatan software, kadangkala dibutuhkan puluhan ribu hingga jutaan BARIS bahasa pemrograman. x_x. Oleh karena itu, error dalam program nyaris tidak bisa dihindarkan.

Rata-rata, untuk software pasaran, terdapat 14 - 17 error per seribu baris bahasa pemrogramannya. Bahkan program paling canggih sekalipun diprediksi akan salah paling tidak satu kali dalam tiap seribu baris. xp~~~ Kesalahan dalam program ini disebut bug atau glitch, yang sewaktu-waktu dapat mengancam komputer kita.

ilustrasi : www.spi.org

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09