Black Hat dan White Hat SEO




Jika Anda punya web atau blog, tentunya Anda ingin web atau blog itu memiliki banyak pengunjung. Banyaknya pengunjung bisa didapatkan dari kunjungan ke web anda secara langsung atau lewat hasil pencarian google yang kebetulan memuat web Anda di hasil pencarian. Hasil google ini turut berpengaruh besar kepada banyaknya pengunjung web.

Bagaimana cara agar web Anda muncul sebagai top result pencarian google? Ada banyak cara yang bisa dipakai untuk membuat web Anda terdaftar pada SERP (Search Engine Return Page). Cara-cara atau teknik ini lebih dikenal dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization.

SEO sendiri terbagi lagi menjadi 2 bagian besar: White Hat dan Black Hat. Bedanya? White Hat adalah teknik-teknik yang sesuai dengan etika berinternet, sedangkan Black Hat adalah teknik yang "menghalalkan segala cara", termasuk cara-cara yang kurang etis. Istilah White Hat dan Black Hat ini sebenarnya dipakai oleh kalangan Hacker (seperti hacker baik dan jahat).

Teknik-teknik SEO berpengaruh terhadap hasil rangking web Anda menurut Search Engine, meskipun dampaknya tidak terlalu terasa pada awalnya. Jika Anda yang ingin mengetahui apa saja teknik Black Hat dan White Hat SEO, di bawah ini adalah beberapa di antaranya:






White Hat
Pemilik web/ blog yang berpedoman pada "kebaikan" akan lebih suka memakai teknik ini. Sebagian besar teknik ini adalah dengan memaksimalkan konten/isi web untuk menarik pengunjung secara alami, karena web yang bermutu akan menarik simpati pengunjung dengan sendirinya.

Optimalisasi Konten
Pengunjung akan lebih suka web/ blog yang kontennya bermutu daripada web yang memiliki konten yang berantakan/ tidak penting. Pastikan web Anda memiliki konten yang layak dibaca oleh pengguna internet, dan pastikan bahwa informasi yang ada di web Anda adalah informasi penting.

Jika web/ blog Anda memiliki gambar, pastikan bahwa nama file gambar mewakili gambar tersebut. Misalkan Anda memiliki gambar sekolah, namun file yang Anda upload bernama DSC_011.jpg. Search Engine tidak akan mengenali gambar sekolah ini. Penggunaan kode HTML juga disarankan untuk menambahkan informasi tentang gambar pada gambar Anda dengan atribut alt (jika masih baru dengan HTML, googling aja ya).

Teknik optimalisasi konten juga berarti memilih keyword yang tepat untuk artikel/ postingan di web Anda. Terlalu banyak keyword juga tidak sedap dipandang oleh pembaca. Namun, sekali lagi, yang paling penting adalah informasi yang bermutu.

Backlink
Backlink adalah link balik yang merujuk ke web/blog Anda. Misalkan nama web Anda adalah webku.com. Nah, karena konten Anda bagus, maka ada web lain bernama weblain.com yang mencantumkan link ke web Anda di situsnya. Inilah yang dinamakan backlink.

Backlink yang baik adalah backlink yang berasal dari web sejenis. Misalkan ada pengunjung yang sedang melihat website game dan menemukan link ke alamat web Anda yang membahas politik. Tentu saja pengunjung tersebut kecewa. Oleh karena itu, pastikan bahwa web/blog yang ingin bertukar link dengan Anda adalah web yang relevan.

Tentu saja tidak ada yang membatasi bagaimana Anda ingin menukar link dengan siapa, namun ingatlah bahwa pengunjung lebih menyukai web yang bermutu, baik konten dan kualitas linknya.

Semakin banyak backlink yang mengarah ke web Anda, maka semakin bagus web Anda di mata search engine. Dan semakin banyak link keluar dari web Anda, akan mengurangi kualitas web Anda di mata search engine. Jadi berhati-hatilah dalam memasang link di web Anda.

Judul
Pilihlah judul yang tepat dan menarik pembaca untuk mengunjungi web Anda. Lebih jauh lagi, pakailah judul yang dinamis, yang membuat tiap artikel yang berbeda memiliki judul yang berbeda. Hal ini bisa dilakukan dengan HTML. Kadangkala orang kurang peduli dengan judul web mereka sehingga memasang judul statis yang sama untuk semua artikel.

Local Search
Bagi Anda pelaku bisnis dan ingin informasi tempat bisnis Anda bisa tampil di google maps, Anda bisa mendaftarkan tempat bisnis Anda di Google Places atau Yahoo! Local.

Cukup sekian White Hat SEO yang bisa diperkenalkan. Jika penasaran tentang teknik-teknik lain, Anda bisa mancari lebih jauh di search engine kesayangan Anda.

Black Hat
Setelah melihat teknik-teknik White Hat yang sesuai dengan jalan kebenaran, saatnya mengetahui teknik yang terlarang dalam SEO. Hal ini cukup sebagai pengetahuan saja dan sebaiknya tidak dicoba, kecuali Anda sudah siap dengan konsekuensi yang akan Anda hadapi.

Spamdexing
Spamdexing adalah teknik yang membuat halaman web penuh dengan keyword-keyword yang banyak tanpa memiliki makna yang berarti. Hal ini terjadi karena search engine menganggap web tipuan ini memiliki informasi yang baik dengan banyaknya keyword yang bertebaran. Padahal, keyword tersebut cuma tipuan yang memancing search engine menampilkan webnya.

Keyword Stuffing
Pemenuhan keyword ini juga bisa dilakukan lewat meta data HTML yang menggunakan teknik keyword stuffing. Jadi, pemilik web mencantumkan keyword sebanyak-banyaknya pada metadata ini tanpa mempedulikan kerelevanan dengan konten web. Jika ada pengunjung yang terkecoh menekan link dari google dan mendapatkan web yang tidak sesuai dengan keinginannya, tentu saja pengunjung tersebut akan kecewa dan tidak mau lagi mengunjungi web Anda.

Hidden Text
Masih sama dengan spamdexing, hidden text adalah teknik dengan menuliskan teks-teks pada halaman web, namun teks ini tersembunyi agar tidak terbaca oleh pengunjung. Cara menyembunyikan teks bisa dengan memilih warna teks yang sama dengan warna bakground. Dengan cara ini, maka search engine akan tetap mendaftar teks-teks tersebut walaupun tidak penting dan tidak terlihat di halaman webnya.

Link Farm
Link Farm adalah teknik spamdexing lainnya yang menampilkan banyak sekali link di halaman webnya. Meskipun kadang link ini ditampilkan di bawah web untuk tidak mengganggu pengunjung, namun banyaknya link ini akan membuat web terlihat jelek. Apalagi jika link yang ada di web tersebut mengarah pada halaman yang tidak diinginkan.

Cloaking
Suatu website bisa mendeteksi alamat IP pengunjung untuk mengetahui darimana pengunjung berasal dan untuk keperluan lain. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk Black Hat dengan mendeteksi IP-IP tertentu yang diduga robot search engine.

Ketika robot sedang mengunjungi website, maka robot ini akan diarahkan ke halaman web yang "palsu" yang memiliki konten yang berbeda dengan web aslinya. Web palsu ini memiliki konten lebih bagus daripada aslinya, sehingga robot pun memberikan penilaian yang bagus pada web Anda, tanpa mengetahui bahwa halaman yang dinilainya adalah halaman yang salah.

Teknik ini merugikan pengguna dan bisa merugikan website lain yang kemungkinan isinya dibajak oleh pemilik web yang menerapkan cloaking.

Kesimpulan
Teknik Black Hat memang efektif untuk menarik pengunjung untuk sementara. Jika pengunjung mengetahui bahwa web Anda melakukan teknik-teknik ini dan konten yang ada di web Anda tidak layak untuk dikunjungi, maka dengan sendirinya pengunjung akan kabur dari web Anda. Teknik Black Hat juga bisa membuat web Anda dibanned oleh search engine jika Anda ketahuan.

Jadi, diantara kedua teknik di atas, jelas bahwa teknik White Hat lebih layak digunakan. Meskipun memerlukan waktu yang lama untuk membuat web Anda memiliki banyak pengunjung, teknik ini juga bisa melatih kepekaan Anda dalam membuat web atau blog. Anda bisa berlatih untuk mengetahui keadaan pengunjung dan membuat web Anda lebih bermutu lagi.

4 yang komen:

Ozmy mengatakan...

kalo keywordnya make jenis yang meta tag itu di anggap black hat gak ya??..


Numpang promo: http://ozmy-mostum.blogspot.com

Irawan mengatakan...

Dilihat dari efeknya saya lebih suka yang aman nie pake cara yang white hat SEO
nice share agan..

dokter pena mengatakan...

ditunggu artikel selanjutnya gan


dokterpena.com

jasa tulis artikel, jasa penulisan artikel

kursus-private.com

kursus privat, les privat surabaya-mojokerto

Obat Hernia mengatakan...

klo ada hitam putih, biasanya yang putih emang selalu baik...

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Follow by Email

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09