Cooling Device


gambar: www.fugly.com

Tiap kali bekerja, komputer menghasilkan panas dari bekerjanya komponen-komponen komputer. Cooling device berguna untuk mendinginkan komputer untuk mencegah suhu komputer melebihi batas temperatur kerja. Hal ini penting karena panas juga mempengaruhi kinerja komputer, bahkan bisa merusaknya (dalam beberapa kasus bisa meledak).

Alat-alat yang sangat membutuhkan cooling device adalah processor, chipset, harddisk, kartu grafik, dll. Itulah alasannya kenapa seringkali alat-alat tersebut dilengkapi dengan cooling device.

Prosesor yang menggunakan fan
gambar: regebro.wordpress.com

Kartu grafis dengan fan
gambar: tech.icrontic.com

Beberapa cooling device antara lain:

1. Air cooling
Air (udara) cooling, atau biasa dikenal dengan fan (kipas angin :P). Alat pendingin ini paling banyak dijumpai karena hampir tiap komputer pasti ada alat satu ini. Bisa dilihat di bagian case-nya.

gambar: adshires.co.uk


2. Passive and active heatsink
Passive dan active heatsink sama-sama bekerja untuk mendinginkan hardware. Bedanya, passive heatsink dipasang ke hardware yang tidak mudah panas, tetapi tetap membutuhkan pendingin untuk mencegah overheat. Biasanya hardware semacam ini memang menghasilkan panas sehingga perlu dipasang heatsink. Passive heatsink juga tidak membutuhkan fan.

Kebalikan dari passive heatsink, active heatsink bisa dikombinasikan dengan fan.

www.ucertify.com

tweaknews.net


3. Heatpipe
Seperti namanya, heatpipe (pipa panas) menggunakan semacam pipa vakum (kedap udara) yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kondenser dan evaporator. Namun, secara umum, heatpipe menggunakan pipa berongga (hollow tube) yang tertutup di kedua ujungnya. Kapiler-kapiler di dindingnya disebut wick.

Heatpipe memanfaatkan cairan untuk mendinginkan device, diantaranya helium, merkuri, amonia, dan lain-lain. Namun, karena banyaknya pilihan jenis cairan dan bahan pipa, heatpipe memerlukan perencanaan berbeda dengan device yang berbeda.

hardwarezone.com.ph

4. Thermoelectric cooling
Alat ini memanfaatkan flux (bagi yang sudah belajar fisika pasti mengerti :P). Alat ini memeindahkan panas ke tempat lain dengan energi listrik. Alat ini juga dapat mendinginkan dengan sangat efisien, namun daya yang dikeluarkan juga besar. Saking ampuhnya alat ini, thermoelectric cooling malah bisa menyebabkan kondensasi pada komponen sehingga malah merusak sistem.

 projects.dimension-x.net

5. Water cooling
Water cooling memanfaatkan air untuk mendinginkan. Prinsipnya adalah dengan mengalirkan air pada saluran (semacam heatsink) dan air tersebut secara alamiah akan menyerap panas. Air yang membawa panas kemudian akan didinginkan kembali dan disalurkan lagi.

Water cooling juga efisien dan bisa digunakan untuk overclocking. Namun butuh kehati-hatian pada instalasinya, karena bila terjadi kebocoran, bisa terjadi korsleting dan komputer akan rusak.

coolingtower-design.com


6. Liquid nitrogen
NItrogen cair adalah cairan yang umum digunakan dalam pendingin yang berbasis liquid. Caranya mirip seperti water cooling, tetapi liquid cooling menggunakan pipa. Pipa ini harus diisi dengan nitrogen dan nitrogen tersebut akan menyerap panas dan menguap.

Namun, nitrogen membutuhkan isi ulang karena hanya dapat bertahan lama dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, nitrogen juga berbahaya jika terkena mata. Jika uap nitrogen terkumpul pada ruangan dengan ventilasi yang buruk, gangguan pernapasan juga bisa terjadi.

digitaltrends.com


Berikut ini tips-tips untuk menjaga temperatur komputer atau laptop:
1. Memperhatikan sirkulasi udara. Jika memakai laptop, usahakan pada permukaan yang rata seperti meja. Jangan memakai laptop di atas kasur karena akan mengganggu sirkulasi udara.

2. Menggunakan casing tertutup
Memang dengan casing terbuka akan membuat sirkulasi udara lebih lancar. Namun, debu akan masuk dan malah menghampat proses pendinginan tersebut.

3. Bersihkan komputer
Selain untuk membersihkan debu, kadang alat-alat pendingin seperti fan juga perlu pembersihan agar tetap bisa bekerja dengan baik. Tentu saja hal in harus dilakukan secara berkala.

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09