Robot Musik Toyota


Belakangan ini, perkembangan hebat telah dibuat dalam dunia robot. Mesin yang diprogram dengan kecerdasan buatan itu juga mulai menampakkan keunggulannya sebagai sahabat manusia. Salah satu contohnya adalah robot keluaran Toyota, yang dapat memainkan biola.

Robot pertama mereka robot yang dapat bermain biola secara cemerlang dan presisi dan mungkin bila anda hanya mendengarkan saja, anda tidak akan tahu bahwa yang memainkannya adalah sebuah robot. Robot ini juga bisa berjalan secara otomatis dengan gaya yang sangat lembut.

Robot dengan tinggi 5 kaki itu mampu menggunakan alat penggesek senar di biola dengan benar dan dapat mengkoordinasikan dengan instrumen lainnya dengan sangat baik. Lihat videonya Youtube-nya di sini.

Toyota juga pernah memperkenalkan sebuah robot yang bisa memainkan terompet dan menari. Saat diperkenalkan, robot setinggi 120 centimeter tersebut menunjukkan kebolehan memainkan lagu "When you wish upon a star" dengan terompetnya. Uniknya. ia bisa pula menari mengikuti irama lagu dari film kartun Pinokio yang terkenal itu.

Dalam penampilan perdananya, sang robot yang mengenakan hiasan daun di telinga kirinya, sempat membungkuk pada penonton dan melambaikan tangannya untuk merespon tepuk tangan penonton.

Seperti diketahui, perkembangan robot di Jepang diwarnai dengan kompetisi. Pada tahun 2000, Honda Motor Co. Ltd. memperkenalkan ASIMO, robot yang berjalan dengan dua kaki pertama di dunia, lalu Sony Corp mengeluarkan QRIO, robot jogging pertama, di bulan Desember. Lebih jauh, perusahaan komputer NEC Corp. mengeluarkan robot yang memiliki ekspresi seperti manusia dan bisa berbicara menggunakan 3.000 kata. Sementara Hitachi Ltd. hadir dengan robot serupa kue tart yang mampu menyedot debu secara otomatis.

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09