Google Earth



Google Earth adalah sebuah program
virtual globe yang memungkinkan kita untuk "mengintip" dunia dari belahan bumi manapun hanya dengan beberapa klik dan penjelajahan. Area-area bumi tersebut disajikan dalam bentuk grafis, dan untuk beberapa kota, dalam bentuk 3D.

Awalnya Google Earth adalah program yang dikelola Keyhole Inc pada tahun 2001, dan diberi nama "Earth Viewer". Lalu, pihak Google mengakuisi korporasi ini pada tahun 2005.

Cara kerja Google Earth terkesan simpel. Ia hanya menghubungkan pencitraan satelit dengan beberapa sumber lainnya, misalnya foto udara dan GIS (
Geographic Information System). Dengan gabungan beberapa sumber inilah kita bisa mengerti keadaan suatu tempat tanpa harus pergi langsung ke sana.

Mungkin teknologi Google Earth belum se-perfect yang dibayangkan, karena hasil yang ditampilkan bukanlah keadaan real-time. Konon, data Google ditampilkan berdasarkan pengindraan tiga tahun teakhir, namun mereka mengklaim akan terus mengupdate data suatu tempat secara berkala.

Yang paling jelas keliatan mungkin untuk wilayah AS, Inggris dan Kanada saja, yang mampu melihat kota hingga jalan-jalan kecil. Untuk Indonesia, saat ini jangan berharap terlalu lebih. :(

Google Earth tersedia untuk berbagai operating system seperti Windows, Linux, dan Mac OS. Unduhan gratisannya bisa diambil di
http://earth.google.com. Atau kalau mau yang agak ngrogoh kocek dikit, bisa coba Google Earth Plus atau Google Earth Professional.

Ilustrasi: http://www.bowdoin.edu

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09