Memproteksi Data pada Ms. Excel


Kamu-kamu pasti sudah familiar dengan program keluaran Microsoft Corporation ini. Software Spreadsheet yang populer dan digunakan di seluruh dunia ini berfungsi untuk mengolah data-data berupa angka dan grafik. Pengetahuan akan pengoperasian software ini begitu penting karena karena berguna untuk pekerjaan perhitungan terutama untuk masalah finansial.

Data-data pada Excel kemungkinan dapat berupa angka-angka yang sangat berharga, seperti daftar nilai untuk guru, laporan keuangan untuk bendahara. Kita tidak dapat membayangkan jika file-file tersebut diisengi oleh seseorang yang tdak bertanggung jawab. Apalagi jika file Excel tersebut dapat diakses dengan bebas oleh pihak lain.

Untuk mencegah penggubahan data oleh orang-orang jahil, ada baiknya kita memproteksi data-data pada Excel. Hal ini juga berguna bagi kamu jikalau data terhapus atau tersunting secara tidak sengaja. Langkah-langkahnya simpel banget kok. :)

Untuk melindungi data dari pengeditan ataupun penghapusan:

1. Pilih sel atau range yang ingin dilindungi/ diproteksi
2. Klik Menu Format -> Cells -> Pilih Tab Protection
3. Pastikan checkbox "Locked" terpilih (lihat gambar)
4. Klik OK

Agar kunci "Locked" bekerja, maka kamu harus melindungi semua sheet yang berisi data-data penting. Untuk melakukannya mudah sekali:

a. Klik Menu Tools -> Tunjuk "Protection" -> Klik Protect Sheet
b. Pada kotak dialog Protect Sheet, ketikkan password untuk mencegah pengeditan data
c. Klik OK

Selesai. Sekarang, jika ada orang iseng yang ingin mengutak-atik data kamu, dia akan kesulitan karena sheet dilindungi oleh password.

Jika kamu ingin meng-edit data, tinggal Klik Menu Tools -> Protection -> Unprotect Sheet, lalu ketikkan password. Lalu jika penyuntingan selesai, kamu dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk melindungi data. Beres kan?

P.S. kamu tentunya harus bijak dalam memilih password ini, jangan menggunakan kata-kata atau frase yang mudah ditebak, dan jangan secara ceroboh menuliskannya pada selembar kertas. Keamanan password sepenuhnya berada dalam tanggung jawab kamu. :)

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09