Invisible Web - Web yang tidak terlihat



Merujuk pada artikel sebelumnya tentang cara kerja search engine, kita sudah berbicara mengenai spider yang bertugas untuk menjelajahi halaman web untuk didata pada database. Sebenarnya, tidak semua situs dapat didata oleh spider ini, misalnya invisible web.

Invisible web disebut juga dengan deep web atau specialized database. Spider tidak dapat mendata seluruh informasi di dalamnya karena web-web tersebut memiliki database sendiri dalam memanggil informasinya. Web-web tersebut menampilkan informasi pada kita setelah mereka memanggil data pada databasenya sendiri, sehingga otomatis spider tidak dapat mendata seluruh informasi di sana.

Contoh dari satu invisible web adalah YellowPages. Mereka mendata nomor telepon di seluruh Indonesia, namun database mereka tidak terdata di search engine, bahkan Google sekalipun.

Contoh lain adalah web ensiklopedia Britannica, Internet Movie Database, kamus-thesaurus Merrian-Webster Online dan banyak lagi.

Cara terbaik dalam menggali informasi yang "tersembunyi" di invisible web adalah dengan mengakses langsung situsnya. Namun bagaimana jika kita ingin mencari alamat situs invisible web itu sendiri?

Kita dapat melakukan pencarian alamat invisible web dengan mengakses direktorinya di invisible-web.net, CompletePlanet, atau Protusion.

Cara kedua selain mengunjungi direktori invisible web tersebut adalah dengan cara melakukan pencarian di search engine biasa. Kita dapat memanfaatkan operator boolean AND dan menambahkan kata "database". Misalnya kita ingin mencari database film, maka ketikkan movie AND database atau movie + database.

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09