Desktop 3-D



Bagi kamu-kamu yang sudah terpasang Windows Vista, pasti sudah nggak asing lagi dengan fitur satu ini. Tampilannya yang mampu menampilkan kesan 3 dimensi menjadi salah satu daya tarik yang dimilikinya. Apalagi setelah kemunculan Aero, fitur yang memungkinkan untuk melakukan Flip-3D yang dapat membuat banyak jendela aplikasi melayang-layang dalam dekstop seperti kartu 3 dimensi.

Haha, tidak perlu menginstall OS Vista untuk merasakan dunia 3-D ini. Sebenarnya pesaing Microsoft, Sun Microsystem, sudah lama memperkenalkannya pada kita melalui peluncuran resmi tahun 2006 lalu. Proyek yang dinamakan "Java Looking Glass" ini butuh waktu sekitar 3 tahun hingga dapat dipasarkan secara Open Source. Fasilitas ini disediakan bagi pengguna Windows, Linux, dan Solaris x86. Asyiknya lagi, fitur dalam "Java Looking Glass" ini lebih kaya dari Aero-nya Vista. Semuanya dapat di-download lewat http://lg3d-core.dev.java.net.

Kemampuan Java Looking Glass cukup hebat, ia bisa: menciptakan sensasi bayangan, membuat transparan, melipat jendela aplikasi, memutarnya, menyimpan memo di baliknya, sebagainya, sebagainya. Ikon-ikonnya ditaruh di atas papan 3-D dan menampilkan animasi jika ditunjuk pointer. Minimal kita butuh prosesor 1.4 GHz, RAM 512 MB, harddisk 600 MB, dan tentunya kartu grafis yang mensupport 3-D.

Linux juga mulai mengembangkan tampilan 3-D ini dari salah satu distronya: Mandriva. Fitur yang bernama AIGLX dan Xgl 3D mampu menampilkan efek dalam dekstop yang dapat diputar-putar. Mandriva yang dapat menjalankannya adalah versi minimal Mandriva Linux 2007.

Sumber ilustrasi:
www.ricardoalamino.com
www.sun.com
sillydog.org

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09