Membuat Situs Pribadi


Ingin dikenal di internet, atau hanya ingin coba-coba untuk membuat situs pribadi? Yah, semua netizen mungkin menginginkannya dengan berbagai alasan yang berbeda-beda.

Belakangan ini situs pribadi memang dipandang sebagai alternatif untuk dikenal dunia.
Bayangkan saja, Anda tinggal melampirkan situs pribadi pada saat melamar pekerjaan, sehingga orang tahu siapa Anda dan kredibilitas Anda. Prestasi-prestasi, opini pribadi, semuanya dapat Anda cantumkan pada webpage Anda. Semuanya terlihat mudah.

Tapi bagi sebagian orang, mereka berpendapat bahwa membuat Website itu mahal. Biaya yang diperlukan untuk meminta jasa konsultan TI dapat mencapai jutaan rupiah, dan Anda sangat membutuhkan halaman web Anda sendiri. Akhirnya niatan untuk memiliki situs pun terhambat.


Tunggu dulu, kata siapa membuat situs itu sulit?


1) Anda bisa membuat situs Anda sendiri semudah mengetikkan kata-kata di Ms. Word. Namun Anda harus menggunakan program pembuat halaman web alih-alih program pengolah kata. Misalnya pada paket Microsoft, Anda menjumpai Ms. FrontPage. Inilah yang Anda gunakan untuk membuat halaman Web sesuai dengan selera Anda. Semudah itu.

2) Setelah Anda berkesperimen dalam Ms. FrontPage dan menghasilkan halaman-halaman yang bagus, Anda tinggal menyimpannya dalam direktori Anda dengan format .htm. File tipe ini dapat Anda buka dengan browser.


3) Setelah menyimpannya, Anda ingin file tersebut beredar di internet. Proses penyalinan dari komputer menuju internet ini lebih dikenal dengan istilah "upload". Anda dapat meng-upload file Anda melalui situs-situs tertentu yang menawarkan jasa uploading ini. Misalnya http://geocities.yahoo.com.


Atau jika Anda tidak mau ambil pusing, Anda dapat menggunakan fasilitas Geocities bernama Yahoo! PageWizards yang memungkinkan Anda mengatur tata letak webpage secara instan.


1) Lakukan Sign-in pada akun email Yahoo! Anda

2) Masuklah ke halaman Yahoo! PageWizards untuk memulai langkah-langkah membuat website pribadi. Yaitu penentuan judul Web, info yang akan ditampilkan, gambar, menu, profile, dan lainnya. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah, bahkan untuk awam sekalipun.

3) Jika sudah jadi, maka alamat Anda adalah http://geocities.yahoo.com/nama-pilihan-Anda


Benar kan, semudah itu. :)


P.s. Blog dapat dijadikan alternatif.

2 yang komen:

Anonim mengatakan...

ini sangat bagus sekali! alternatif membuat situs pribadi.
PERTANYAAN :
1) apakah memang benar2 bisa dikenal masyarakat?
2) apakah sudah ada berhasil dalam mempublikasikannya dengan memakai cara ini?
Trima kasih.

Vika F. Insanittaqwa mengatakan...

Kalau untuk benar-benar dikenal, masih perlu perjuangan untuk mempublikasikan situsnya Mas... Jadi setelah bikin monggo diperlihara situsnya :)

Masalah berhasil tidaknya adalah kerja keras Mas :) Terus sering2 berkunjung dan belajar dari situs-situs yang sudah ada. CMIIW

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09