Beragam Layanan Internet



Meskipun Web adalah layanan yang paling populer diantara pengguna internet, namun itu bukanlah satu-satunya yang ada di dunia maya ini.

E-mail (Electronic Mail)
Ini adalah layanan penyampaian pesan lewat jaringan internet. Mirip seperti surat-menyurat lewat pos. Bedanya, e-mail tidak membutuhkan perangko dan petugas pos. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah program e-mail seperti Outlook dan Outlook Express. Atau dapat juga memanfaatkan fasilitas secara online, yaitu e-mail berbasis Web. Kita perlu akses internet dan membuat akun yang dilindungi oleh password.


Dalam e-mail, sebuah alamat dilengkapi dengan simbol @ (dibaca at dalam bahasa Inggris) yang memisahkan nama pengguna dengan nama domainnya. Kita dapat menyimpan alamat-alamat e-mail teman ke dalam address book yang telah tersedia, dan berkirim surat elektronik pada mereka. Fasilitas ini jauh lebih mudah, murah dan cepat jika dibandingkan dengan pengiriman surat manual lewat jasa Pos.

FTP (File Transfer Protocol)

FTP menentukan standar-standar dalam mentransfer file dengan upload dan download. Upload juga dikenal dengan nama "unggah", sedangkan download memiliki nama lain "unduh". File yang ditransfer dapat berupa file gambar, teks, video dan lainnya.


Terdapat suatu situs FTP yang berisi tentang file-file yang diam dalam suatu server. Banyak diantara situs-situs tersebut yang memiliki FTP anonim, dimana semua orang dapat melakukan transfer file. Namun ada juga yang membatasi file transfer hanya oleh mereka yang memiliki akun yang terotorisasi (dilengkapi password) pada server FTP itu.


Newsgroup
Di sini merupakan area diskusi online bagi pengguna tentang objek-objek tertentu. Kita dapat bergabung dengan group ini dan mengirim pesan untuk ditanggapi oleh anggota lain. Ada juga yang mengharuskan kita untuk registrasi dulu untuk mendapatkan username dan password. Atau ada juga newsgroup yang khusus untuk komunitas tertentu.

Misalnya mahasiswa matakuliah tertentu yang dilengkapi dengan nama dan sandi mereka sendiri, akan dapat memasuki area diskusi sehingga pihak lain tidak dapat ikut campur dalam kuliah mereka.
Biasanya kita menggunakan program Newsreader untuk berpartisipasi di dalamnya. Namun ada juga kelompok diskusi yang tidak membutuhkan fasilitas ini. Mereka menggunakan Message Board (papan pesan) yang relatif lebih mudah digunakan.

Milis (Mailing List)

Milis adalah kelompok alamat e-mail yang memiliki suatu nama tunggal, yang menyatukan mereka dalam kelompok diskusi. Jika salah seorang anggota mengirim e-mail pada milis, maka otomatis seluruh anggota akan menerimanya. Biasanya dikelola oleh orang-orang yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya kesamaan institusi, atau kesamaan hobi.


Chatting
Chatting atau mengobrol, berarti melakukan pembicaraan tertulis real-time (saat itu juga) dalam komputer. Chat Room adalah lokasi pada server internet yang menampung orang-orang yang sedang chatting. Jika Anda mengirim pesan pada chat room, maka semua orang yang ada di server akan dapat membaca pesan Anda dan membalasnya secara langsung. Mirip seperi mengoblor di dunia nyata.


Ada juga yang dapat dilakukan lewat video sehingga kita dapat melihat lawan bicara kita di ujung sana. Untuk dapat dilihat dan didengar, kita membutuhkan headset dan webcam.


Jika ingin melakukan chatting, kita harus memiliki program chat-client yang beberapa dapat diunduh gratis dari net. Lalu terhubung ke chat server dan mengobrol sampai tangan pegal.


Instant Messaging
Layanan real-time ini memungkinkan kita melihat status dari orang lain, apakah online atau tidak. Jika online, kita dapat berbicara dengannya lewat audio dan video atau hanya sekedar mengirim pesan. Agar IM dapat berjalan, kesua belah pihak haruslah sama-sama online. Kita mungkin membutuhkan software messenger untuk melakukannya.


VoIP (Voice over Internet Protocol)

Disebut juga Telepon Internet. Artinya kita dapat menelpon lewat jaringan internet alih-laih lewat jaringan telepon biasa. Kita membutuhkan sambungan internet berkecepatan tinggi untuk dapat melakukan Voice over IP ini. Biaya yang dibutuhkan juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan telepon biasa.


Sumber ilustrasi:
www.uvsc.edu
www.betaland.net
www.caribwebdev.com
badotinside.blogspot.com

23 yang komen:

Anonim mengatakan...

makasih kakak, :D
bermanfaat ini..

Anonim mengatakan...

tanks kakak

hafid furqon derny mengatakan...

kantau.........

farhied jendrall mengatakan...

issssss.... lifeee........

no name mengatakan...

Lokal!

praba esa ridho justin mengatakan...

iko-ko kurang panjang,,,
seharusnyo samo panjang jo badan den....

Anonim mengatakan...

thanks ya kakak

Andreas mengatakan...

makasih gan.. infonya berguna nih hehehe i lo
\e
yg.3
















an
u

Anonim mengatakan...

aaaaaa

Anonim mengatakan...

makasih kkak. . .

Anonim mengatakan...

Thanks ea infonya

Anonim mengatakan...

thanks ya
thanks ya
tahanks
ewewewewewewewewtwtetegfhcjhgjnbxvxgdhfnf,j.dfskj dab

Anonim mengatakan...

layanan lainnya ada ga???

Anonim mengatakan...

matur suwun..

safira mengatakan...

makasih yaaaaa infooooooo nyaaaaaaa.....

Pangeran Alam 019 mengatakan...

makasih yah Bro atas infonyaa.. mantap Broo..

Anonim mengatakan...

matur suun infonmasinya akeh tenan mantap

Anonim mengatakan...

akeh tnan

Anonim mengatakan...

ah..........gk lengkap thu.....

Anonim mengatakan...

kurang buuuuuanyaxxxxx biar nmbah mumet,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Anonim mengatakan...

sangar coyyy??????

nadiaananda mengatakan...

nice sharing,, aku jadi tau sekarang deh,, thanks

Anonim mengatakan...

makasih ya bro nih info berguna buat belajar gua :)

Poskan Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Follow by Email

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09