Meta-Search Engine



Kita semua tahu bahwa Google bukanlah satu-satunya search engine di jagad web. Ada Yahoo!,AltaVista, dan lainnya. Tentu saja hasil pencarian masing-masing mesin pencari akan berbeda-beda, tergantung dari banyak hal. Misalnya metode perankingan dan besarnya database :)

Di saat kita membutuhkan informasi, belum tentu informasi yang kita cari ada dalam database satu search engine. Namun, karena keterbatasan waktu mungkin kita akan malas menggunakan bermacam-macam search engine satu persatu. Merepotkan dan lama.

Dalam hal ini, kita bisa saja melakukan pencarian di beberapa serach engine sekaligus dalam waktu yang bersamaan, dengan menggunakan satu web server. Kita dapat melakukannya pada Meta-Search Engine!

Keistimewaan meta-search engine adalah: mereka tidak memiliki database sendiri, namun memanfaatkan indeks search engine lainnya. Kata kunci yang kita berikan pada meta-search engine akan dikirimkan pada berbagai macam search engine dalam waktu yang bersamaan, dan hasilnya akan terpampang dalam satu tampilan.

Ada dua macam meta-seach engine: Yang berbasis klien dan berbasis web. Meta-search engine berbasis klien mengharuskan kita untuk menginstal software dalam komputer. Misanya Copernic. Sedangan yang berbasis web dapat diakses secara online tanpa harus melakukan instalasi. Coba deh kunjungi Metacrawler, Vivisimo, Dogpile, dan lainnya.

Selain dapat menghemat waktu, pencarian dengan meta-search engine memungkinkan kita untuk menggali informasi pada search engine yang belum pernah kita kenal atau kita manfaatkan. Dengan menggunakan meta-search engine, kita sudah memanfaatkan beberapa layanan search engine sekaligus.

Namun, kelebihan tidak akan lengkap tanpa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan meta-search engine:
  1. Data yang ditampilkan pada hasil pencarian meta-search engine hanyalah 10% dari hasil yang sesungguhnya dari masing-masing serach engine. Bahkan ada meta-search engine yang membatasi temuannya dari 10 hingga 50 record saja.
  2. Kita kehilangan features yang ditawarkan search engine biasa. Hal ini wajar saja karena kita bukan itulah tujuan utama meta-search engine.
  3. Meta-search engine cenderung menampilkan link-link menuju klien program paid placement, yaitu situs yang membayar suatu search engine untuk menampilkan url-nya di hasil pencarian. Tentu saja tidak masalah selama alamat tersebut relevan dengan kata kunci yang dicari, namun bisa jadi mereka muncul seolah-olah berhubungan dengan kata kunci sehingga menyesatkan kita.

Selepas dari kekurangan-kekurangan meta-search engine tersebut, ada baiknya kita memanfaatkan situs semacam ini untuk mempercepat pencarian di berbagai search engine. Sekalu merengkuh dayung, dua-tiga-empat-lima pulau terlampaui!

Sumber ilustrasi: images01.trafficz.com

1 yang komen:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

wah, makasih banyak sudah share min
solder uap

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09