Blog




Pada jaman dulu kala di dunia nyata, orang cukup kesulitan dalam menerbitkan tulisannya. Mereka harus berurusan dengan berbagai langkah yang njelimet untuk bisa mempublikasikan naskahnya ke khalayak ramai, yang tentu saja dikuasai oleh pihak-pihak tertentu saja.

Namun semua itu berubah sejak datangnya internet, atau web. Orang bisa saja menuliskan sesuatu di halaman webnya sesuka hati. Kali ini penerbitan dilakukan secara online, dan tulisan mereka terbuka untuk dibaca siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Satu hal yang perlu digarisbawahi di sini adalah, ada beberapa kemampuan yang dibutuhkan seseorang untuk bisa menerbitkan naskah di web. Misalnya kemampuan untuk menguasai kode-kode HTML, mengerti cara kerja FTP, dll, dll.

Oleh karena itu, hanya orang-orang yang mengerti hal macam begituanlah yang sanggup mendirikan "rumah" di cyberspace. Sedangkan yang lain yang sangat kebelet punya web harus gigit jari karena keterbatasan pengetahuan.

Kebuntuan ini berlangsung hingga tahun 90-an, di mana web sudah cukup lama bercokol namun belum dapat secara tuntas mengatasi masalah klasik manusia untuk dapat bebas berekspresi.

Di saat inilah, muncul Web Log a.k.a. weblog a.k.a. Blog sebagai pemecah kebuntuan.

Definisi blog itu sendiri, singkatnya, adalah sebuah publikasi sederhana yang menampilkan tulisan secara kronologis (berdasarkan urutan waktu) sehingga menyerupai diari online.

Selayaknya diari/ buku harian, tulisan-tulisan dalam halaman blog akan berganti-ganti sejalan dengan diterbitkannya tulisan baru oleh pemiliknya, sehingga halaman blog akan terus ter-update.

Dapat dianalogikan seperti situs berita yang menggunakan teknologi CMS atau Content Management System atau sistem pengelolaan web. Bahkan sebenarnya blog adalah penyederhanaan dari teknologi CMS yang sudah lebih dulu ada.

Dengan adanya blog, maka siapapun akan dapat menulis di web masing-masing tanpa perlu jadi master dalam pemrograman HTML dsb. Semua orang bisa mengoperasikannya, tidak butuh kelebihan khusus.

Berikut ini adalah kemudahan-kemudahan yang bisa ditawarkan oleh blog:
  1. Mudah, semua orang bisa menguasai dengan cepat
  2. Cepat, tulisan bisa terbit dalam hitungan detik, bahkan kurang
  3. Murah, sekaran ini banyak sekali tempat hosting blog gratisan. Misalnya Blogger ini, Wordpress.com, Xanga, Multiply, dll, dll
  4. Tema dan isi blog sepenuhnya terserah kita. Tidak ada yang melarang Anda mau nulis diari, atau berbagi ilmu, atau mau nulis cerpen dsb. Satu syaratnya hanyalah Anda mau mempertanggungjawabkan konten blog Anda jika dirasa ada pihak yang dirugikan. Jadi, blog adalah kebebasan yang harus disertai tanggung jawab.
  5. Bisa dihias-hias sesuka hati. Apalagi sekarang tempat hosting blog gratisan sudah cukup banyak punya template manarik. Kalau kurang puas, silakan cari di google dan kreatiflah. Ada banyak widget atau aksesori yang bisa ditempel di blog.
  6. Kebebasan untuk berdiskusi dengan blogger lain, atau pembaca lain. Kita bisa menerima komentar untuk tulisan kita, dan kita bisa menanggapi jika perlu.
  7. Dari kegiatan diskusi di atas, tentu saja kita bisa meningkatkan tali silaturahmi, baik antarblogger maupun pembaca.
  8. Banyak sekali kalau didaftar.

Keuntungan yang paling utama dari adanya blog, bagaimanapun, adalah kita dapat merangkap sebagai penulis, wartawan, editor, dan pemilik sekaligus. Hal inilah yang membuat blog begitu banyak diminati orang belakangan ini.

Jika tertarik, monggo silakan membuat blog Anda sendiri. Alamatnya ada di salah satu poin di atas.

ilustrasi:toothpastefordinner.com


0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09