CMS (Content Management System)





Seperti namanya, content management system adalah suatu sistem pengaturan konten/ isi dari sebuat web. Teknologi ini diperkenalkan oleh organisasi-organisasi yang sering melakukan publikasi melalui web. Misalnya koran online.

CMS berjasa dalam perkembangan teknologi yang populer sekarang, diantaranya adalah Web 2.0, Blog, dan forum diskusi.

Web 2.0 adalah suatu konsep website yang memungkinkan penggunanya berpartisipasi dalam menyumbangkan konten web. Sedangkan teknologi CMS dalam blog memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan naskahnya ke blog mereka. Begitu pula dengan forum diskusi yang mampu menampilkan percakapan penggunanya ke halaman web mereka.

Sebelumnya, jika kita ingin menuliskan sesuatu di web, kita harus mengedit HTML atau bahasa pemrograman web kita dulu, lalu mempublikasikan ulang. Langkah ini sangat rumit dan buang-buang waktu, oleh karena itu diciptakan CMS yang memungkinkan kita mengedit isi web tanpa berurusan dengan kode HTML.

Misalnya pada waktu kita membuat profile di Friendster hingga informasi yang kita ketikkan muncul pada halaman profile kita. Kita tidak perlu mengetikkan kode HTML untuk memunculkan tulisan kita pada halaman web, tapi CMS yang melakukannya.

Untuk membuat tulisan biasa muncul di halaman web, CMS menggunakan teknologi seperti PHP, ASP, atau ColdFusion. Data yang kita ketikkan secara biasa tersebut diterjemahkan ke format HTML dan ditata dengan CSS. Dengan demikian, tulisan kita mampu "dimengerti" oleh web, sehingga web mampu untuk menampilkannya.

ilustrasi: www.webdesignbognorregis.co.uk

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09