Web 2.0



Kebanyakan dari kita mungkin bertanya-tanya, "Apa pula web 2.0 ini? Apa bedanya dengan web yang biasanya?" Yang dapat kita katakan hanyalah bahwa web 2.0 merupakan perkembangan dari teknologi web saat ini, yang mencakup perkembangan/ perubahan cara bepikir dalam menyajikan konten dan tampilan dalam website.


Masih belum ada definisi yang jelas untuk web versi baru ini. Ada pihak yang mengatakan bahwa web 2.0 lebih menekankan ke hubungan jaringan sosial (social network) seperti halnya Blog, namun ada pihak lain (O'Reilly dan MediaLive International) menyatakan bahwa web 2.0 adalah platform bagi aplikasi, jadi kita tidak perlu menginstal sebuah aplikasi pada komputer. Cukup mengakses halaman tertentu, maka kita akan dapat menjalankan suatu program dalam naungan web 2.0.

Perbedaan web 1.0 dan web 2.0 terletak dalam fleksibilitasnya. Pada web 1.0, kita diharuskan untuk mengunjungi sutu situs jika ingin melihat konten yang ada di dalamnya. Sedangkan web 2.0 dapat melakukannya tanpa harus mengakses situs tersebut. Ditambah lagi kemampuan web 2.0 dalam tampilannya yang menyerupai komputer dekstop, yang menambah kenyamanaan bagi pengguna.

Ada 7 karakteristik yang dimiliki web 2.0:
  1. Sebagai platform untuk bekerja dimanapun kita berada
  2. Adanya partisipasi dari pengguna untuk berbagi pengetahuannya
  3. Data menjadi Trademark milik aplikasi
  4. Sebagai peluncuran produk software (tidak perlu mendistribusikan software dalam bentuk fisik, cukup melalui web 2.0)
  5. Dukungan pada pemrograman sederhana, dan ide akan RSS
  6. Software tidak lagi terbatas pada perangkat tertentu (ponsel, notebook, PDA, dll)
  7. Adanya kemajuan inovasi pada interface di sisi pengguna

Semakin banyak karakteristik yang dipenuhi oleh suatu situs, maka semakin ia mendekati kualitas sebagai web versi baru ini.

Tidak perlu meng-upgrade browser jika ingin mengakses halaman dari web 2.0, karena yang dikembangkan hanyalah cara penyajian konten saja. Pakar internet mengenalnya dalam AJAX (Asynchorous Javascript and XML), yaitu gabungan dari HTML, CSS, Javascript, dan XML; sehingga tercipta web yang dinamis.

Para situs yang telah mengembangkan aplikasi di dalam web ini antara lain: Google, Zoho.com, dan Ajaz13. Fungsi-fungsinya hampir sama dengan Ms. Word, Excel, dan PowerPoint. Misalnya Google menyediakan Google Docs dan SpreadSheet yang identik dengan Word dan Excel. Yang menarik adalah, kita dapat menyimpan file-nya dengan format berbagai macam dokumen, termasuk format PDF tanpa ada software tambahan.

Hebatnya lagi, fasilitas ini disediakan secara gratis. Kita hanya perlu memiliki satu akun e-mail Google.

Zoho.com juga begitu, mereka menyediakan Zoho Writer dan Zoho Sheet, plus Zoho Show (mirip PowerPoint) dan Zoho Virtual Office memungkinkan kita bekerja seperti di komputer sendiri. Dilengkapi dengan aplikasi sejenis Windows Explorer dan Ms Outlook, semuanya dapat kita akses di manapun kita berada melalui www.zoho.com.

Sedangkan Ajax13 menampilkan aplikasi ajaxWrite, ajaxXls, ajaxPresents, ditambah ajazSketch (membuat sketsa) dan ajaxTunes (untuk musik).

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09