Googling dengan Logika Matematika


Anda pasti pernah memanfaatkan search engine yang bertebaran dalam web. Keberadaan situs-situs semacam ini memang sangat berguna karena sekarang ini semakin banyak informasi yang bermunculan dalam dunia maya setiap harinya. Jika kita mencarinya secara manual, maka hal ini sangat menyulitkan karena kita mungkin tidak tahu situs apa yang harus dikunjungi, atau ada berapa situs lain yang membahas masalah yang kita butuhkan.

Namun masalah lain dengan penggunaan search engine pun muncul. Seringkali kita tidak tahu kata kunci apa yang harus kita ketikkan. Keterbatasan pengetahuan kita pun menjadi kendala dalam mencari informasi. Biasanya hasil-hasil yang muncul di akhir pencarian pun tidak ada yang benar-benar cocok dengan maksud kita.

Sebenarnya permasalahan ini sudah terpecahkan berkat sebuah konsep logika matematika yang kita pelajari di sekolah menengah. Logika ini juuga dikenal dengan nama logika Boolean (diambil dari nama seorang ahli matematika dari Inggris yang bernama George Boole), atau kadang "aljabar Boolean".

Untuk memahami logika ini hanya dibutuhkan pemahaman operator-operator AND, OR, AND NOT, NEAR, "tanda kutip", dan (tanda kurung). Nggak sulit kok :)

Operator AND
AND dapat kita gunakan jika ingin menemukan informasi yang memuat dua buah kata atau lebih. Misalnya kita ingin mencari info tentang peristiwa Holocaust yang dilakukan oleh Hitler. Maka yang harus diketikkan adalah Hitler AND Holocaust.

Apakah efeknya? Mudah saja. Jika kita hanya mengetikkan kata Holocaust, maka hasil pencarian bisa melebar dan jauh dari yang diharapkan. Dengan memberi tambahan kata AND dan Hitler, maka hasil pencarian bisa dipersempit. Mesin pencari HANYA akan menyajikan hasil yang memuat dua kata tersebut tanpa terkecuali.

Operator AND ini dapat juga diwakilkan dengan tanda tambah (+), jadi kita hanya perlu mengetik Hitler + Holocaust.

Operator OR
Biasanya operator ini digunakan pada saat kita bingung dengan ejaan yang mungkin digunakan dalam web. Misalnya: email atau e-mail? Maka operator yang bsa digunakan adalah operator OR, dengan mengetikkan email OR e-mail.

Hasil pencarian mengandung dua kata tersebut, jadi jumlahnya akan meluas. Namun siapa tahu informasi yang kita cari ada di sana?

Operator AND NOT
Jika kita ingin mencari informasi tertentu dan tidak ingin dipusingkan dengan hasil-hasil yang nyeleneh, kita dapat memanfaatkannya. Misalnya saat kita ingin mengetahui informasi mengenai Hitler, namun kita tidak menginginkan informasi yang menyangkut masalah Holocaust. Maka yang kita ketikkan adalah Hitler AND NOT Holocaust.

Maka dengan mengetikkannya, hasil pencarian akan terbebas dari kata Holocaust, dan hanya berbicara tentang Hitler.

Operator AND NOT dapat diganti dengan BUT NOT, atau hanya cukup dengan menuliskan tanda kurang (-). Misal, Hitler - Holocaust. Jadi berhati-hatilah dalam penggunaan tanda kurang karena akan mempenaruhi hasil pencarian.

Operator NEAR
Seperti artinya, yaitu "dekat", operator ini berfungsi untuk menemukan kata yang saling berdekatan. Misalnya jika kita ingin mencari informasi mengenai Sukarno dan Hatta, namun keduanya harus berada dalam satu kalimat. Gunakanlah operator ini dengan mengetik Sukarno NEAR Hatta.

Yang terpampang di hasil pencarian hanyalah yang mengandung kata Sukarno dan Hatta yang saling berdekatan dalam kalimat.

Tanda Kutip ("....")
Tanda kutip sangat berguna dalam aktvitas googling karena ia mampu menggabungkan frase untuk dicari dan ditampilkan dalam hasil pencarian. Kita sering membutuhkan informasi tetentu yang kata kuncinya lebih dari satu kata, atau berupa frase. Misalnya frase rumah sakit.

Jika kita hanya mengetikkan rumah sakit tanpa embel-embel, maka hasil yang didapat bisa melebar tentang rumah biasa atau orang-orang yang sakit. Padahal kita ingin mencari tentang rumah sakit, atau instansi kesehatan.

Seharusnya kita mengetikkan "rumah sakit" (dengan tanda kutip) agar hasil pencarian hanya difokuskan untuk frase tersebut, tanpa terpisah-pisah.

Tanda kutip ini juga dapat digunakan lebih jauh jika kita kreatif. Misalkan kita ingin mencari definisi dari kata blog. Maka kita dapat menuliskan "blog adalah" supaya hasil yang didapat benar-benar bercerita tentang arti dari kata tersebut. :)

Tanda Kurung (....)
Tanda kurung berguna pada saat kita akan menggabungkan dua operator atau lebih dalam satu keyword. Bagi yang memahami logika matematika, hal ini adalah hal yang mudah. Namun bagi yang belum pernah mengenalnya, hal ini juga akan terasa sama mudahnya. :D

Misalkan kita ingin mencaritahu tentang proklamasi dan Bapak Sukarno. Sekarang masalah lain muncul: ejaannya Sukarno atau Soekarno?

Kita dapat menggabungkannya dengan mengetikkan (Sukarno OR Soekarno) AND proklamasi. Hasilnya? Baik kata Sukarno maupun Soekarno akan muncul di hasil pencarian, dan dua-duanya dilengkapi dengan kata proklamasi. Mudah kan?

Tentu saja semakin tinggi kreatifitas kita, maka googling dengan logika matematika akan semakin mudah dan mengasyikkan!

P.S. operator-operator AND, OR, AND NOT, dan NEAR harus ditulis dengan HURUF KAPITAL. Jika tidak, maka search engine akan mengenalinya sebagai kata biasa yang perlu dicari. Search engine yang berbeda memiliki operator yang berbeda pula.

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09