Mencegah Virus


Tahukah Anda berapa virus yang teripta tiap harinya? Satu, dua, belasan, puluhan? Anda yakin?

Dewasa ini membuat virus ibarat membuat akun e-mail. Tidak perlu memiliki kemampuan seorang programmer, Anda tinggal mencari Virus Generator yang tersebar di jagat web, dan membuat virus ciptaan Anda sendiri. Sedih, memang. Tapi apa daya hampir mustahil untuk mengawasi pembuatan virus di seluruh dunia.

Tapi paling tidak, kita dapat melakukan aksi preventif dengan cara melakukan yang terbaik untuk mencegah virus masuk ke komputer kita. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat disarankan:

1) Jika Anda menjumpai tawaran untuk menginstalasi program pada sebuah iklan dari website yang tidak jelas kredibilitasnya, jangan asal percaya. Pikirlah berkali-kali sebelum menekan tombol "Yes". Bahkan, jangan pernah terpikir untuk melakukanya.

Penyebaran virus melalui situs memang bukan hal baru, tapi pengetahuan ini belum menyebar ke seluruh pengguna web. Banyak orang awam yang baru mengenal internet malah disusupi virus atau spyware karena menyetujui sebuah iklan yang tidak jelas. Terutama yang berasal dari situs porno.

2) Jangan langsung membuka file attachment pada e-mail dari seseorang yang tidak dikenal. Kalaupun Anda mengenalnya, tolong pastikan pada pengirimnya tentang isi dari file tersebut. Penyebaran lewat file attachment ini juga telah memakan korban yang tidak sedikit. Biasakan untuk men-scannya dengan program antivirus yang up-to-date.

3) Seperti yang di atas, gunakan program antivirus untuk pertahanan Anda. Jangan lupa untuk meng-update antivirus Anda karena ratusan virus tercipta setiap harinya. Scan sistem Anda dalam waktu tertentu.

4) Instalasi Service Pack untuk menambal celah keamanan sistem operasi Anda juga disarankan. Virus sering memanfaatkan celah ini untuk membobol sistem Anda. Dan lakukan instalasi dari sumber yang dpaat dipercaya. Kadang ada e-mail pemberitahuan tentang bug pada komputer, tapi malah menyertakan file bervirus untuk di-download.

5) Jangan lama-lama membuka fasilitas file-sharing, virus menyebar luas lewat sana. Berikan password bila perlu.

6) Backup data penting secara berkala. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Sekali Anda terkena virus, kerusakan yang ditimbulkan bisa membahayakan data Anda.

Akhir kata, keselamatan ada di tangan Anda. :)

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09