Track Changes pada Ms. Excel


Track Changes adalah fasilitas yang disediakan oleh Ms. Excel untuk memonitor setiap perubahan ataupun pengeditan yang dilakukan pada data. Track Changes juga dapat melacak siapa yang melakukan penggubahan dan kapan dilakukannya. Hal ini dapat berguna jika ingin melacak penyuntingan data oleh orang lain.

Jika Anda mengaktifkan Track Changes, maka seluruh pengeditan sejak saat itu akan direkam. Tanda-tanda perekaman itu adalah munculnya tanda berupa segituga warna biru di pojok kiri atas. Tolong bedakan dengan segitiga merah yang merupakan indikasi adanya komentar.

Atas adalah sebuah komentar...

Yang atas ini Track Changes....

Jadi kita dapat mengetahui data-data apa yang diubah dengan melihat tanda-tanda tersebut. Jika Anda membuka file Anda dan menemukannya, maka Anda harus lebih berhati-hati dalam menjaga file-file Anda.

Cara mengaktifkan Track Changes:
  1. Klik Menu Tools -> Track Changes -> Klik Highlight Changes
  2. Pada window yang muncul, aktifkan (centang) bagian "Track Changes while editing. This also shares your workbook"
  3. Untuk membatasi waktu dan pelaku, settinglah bagian When dan Who
  4. Untuk membatasi daerah pengeditan, browse sel/ range tertentu. Jika Anda membiarkannya kosong berarti Anda memerintahkan perekaman perubahan di seluruh workseet.
  5. Kotak "Highlight changes on-screen" berguna untuk menampilkan segitiga biru pada saat terjadi perubahan. Jika Anda membiarkannya kosong berarti segitiga biru TIDAK akan muncul pada saat pengeditan data, tetapi perubahan TETAP direkam. Lebih lanjut akan diterangkan di bawah.
  6. Klik OK

Saat Track Changes aktif, maka setiap perubahan akan direkam dan ditampolkan dengan segitiga biru yang memapilkan perubahan macam apa yang telah dilakukan. Misalnya pada contoh gambar di atas, semua perubahan akan jelas pelaku, waktu, dan objek penyuntingannya.

Ada fitur dalam Track Changes yang bernama "Highlight changes on-screen". Fitur ini membuat segitiga Track Changes tidak terlihat secara kasat mata, namun perekaman perubahan tetap dilakukan.

Manfaat "Highlight changes on-screen"
1. Mengatasi gangguan penglihatan
Jika Anda mengedit banyak sel, dan Track Changes masih menyala, kemungkinan besar Anda akan merasa terganggu karena banyak Track Changes muncul pada saat pointer melintasi area tertentu. Bagaimana agar segitiga biru itu hilang saja? Untuk melakukannya mudah saja. Anda hanya tinggal mengaktifkan kotak "Highlight changes on-screen". Dengan begitu tidak akan ada lagi segitiga biru dan pop-up yang menghalangi pandangan Anda.

2. Track Changes bisa dikelabuhi
Siapa tahu ada user lain yang menjahili dokumen Anda dan melakukan perubahan. Namun pada saat dia mengedit suatu sel, ia melihat indikasi Track Changes dan merasa terancam. Tanpa pikir panjang, ia lalu mematikan/ menon-aktifkan fungsi Track Changes sehingga penyuntingannya berjalan lancar. Hmmm.

Lain ceritanya jika Anda mematikan fungsi "Highlight changes on-screen". User lain tidak akan menyadari bahwa aktivitasnya direkam, dan terus saja melakukan penyuntingan. Dengan demikian aksinya akan terbongkar ketika Anda menyalakan fungsi "Highlight changes on-screen" lagi. :)

0 yang komen:

Posting Komentar

Monggo, masukan, saran, kritik, pertanyaannya... :)

Tentang Aer Puteh

Aer Puteh adalah blog tentang teknologi informasi. Silakan melihat-lihat artikel kami.
Saran, kritik, masukan, atau komentar sangat terbuka. Kontak ke vikachew@gmail.com.
Silakan follow blog ini atau subscribe lewat email, linknya ada di bawah :)
Lihat profil Aer Puteh di Blogger
Lihat profil Aer Puteh selengkapnya

Enjoy!!

Tukeran Aer

Silakan link Aer Puteh, atau tampilkan chickletnya dengan copy kode di bawah ke blog atau web kamu :)
Aer Puteh

Followers

Area Maen Aer

Free chat widget @ ShoutMix

Film - film S8

vikachew09